Wednesday, September 23, 2015

Peristiwa yang Terjadi Tanggal 23 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa yang terjadi tanggal 23 September :


1806: Ekspedisi Lewis dan Clark, kelompok pertama yang menjelajahi Amerika untuk menyelidiki wilayah yang luas antara Sungai Mississippi dan Samudra Pasifik, kembali ke St. Louis.
Lewis dan Clark, via wildanrenaldi.wordpress.com


1846: Planet Neptunus diamati untuk pertama kalinya oleh Johann Gottfried Galle dan Heinrich Louis d’Arrest di Berlin; posisinya telah diprediksi sebelumnya oleh astronom Inggris John Couch Adams dan astronom Perancis Urbain Leverrier.
Neptunus, via syarif-fadli.blogspot.com


1932 - Kerajaan Hijaz dan Nejd dinamakan menjadi Kerajaan Arab Saudi.
Kerajaan Arab Saudi, via kesultanankadriah.blogspot.com
Unifikasi Arab Saudi atau Penyatuan Arab Saudi adalah kampanye militer dan politik dimana berbagai suku, kesyekhan, dan emirat di sebagian besar wilayah Semenanjung Arab ditaklukkan oleh Dinasti Saud atau Bani Saud yang terjadi antara tahun 1902 dan 1932, dimana kemudian Kerajaan Arab Saudi diproklamasikan. Langkah penyatuan ini berada di bawah kepemimpinan Sultan Nejd saat itu, Abdul Aziz As-Saud atau Ibnu Saud. Wilayah kekuasaan Dinasti Saud ini dikenal sebagai Negara Saudi Ketiga atau sekarang disebut Arab Saudi untuk membedakan dengan Negara Saudi Pertama dan Kedua yang telah ada sebelumnya dibawah kekuasaan Bani Saud.
Bani Saud telah diasingkan di Kuwait sejak 1893, setelah kehancuran Negara Saudi Kedua dan kebangkitan Emirat Jabal Shammar dibawah Dinasti Rashid. Pada tahun 1902, Ibnu Saud berhasil merebut kembali kota Riyadh, bekas ibu kota Dinasti Saud. Dia melanjutkan untuk menaklukkan seluruh Najd, Al-Hasa, Jabal Shammar, 'Asir, dan Hijaz (wilayah tempat dua kota suci Umat Islam, Mekkah dan Madinah) antara tahun 1913 dan 1926. Kemudian dibentuk Kerajaan Nejd dan Hijaz pada tahun 1927 hingga kemudian dilanjutkan konsolidasi dengan Al-Hasa dan Qatif, dan akhirnya terbentuklah Kerajaan Arab Saudi pada tahun 1932.


1991 - Armenia merdeka dari Uni Soviet. 
Penduduk Armenia, via soadfansindonesia.blogspot.com
Tanggal 23 September tahun 1991, Armenia mengumumkan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Armenia sejak abad ke-6 sebelum Masehi dikuasai oleh Iran. Kemudian, negara ini silih berganti mengalami masa kemerdakaan, lalu kembali jatuh ke tangan penjajah. Dalam perang Chalderon antara Iran dan Ottoman, sebagian besar wilayah Armenia yang berada di bawah kekuasaan Iran, direbut oleh Ottoman. Tak lama kemudian, Armenia jatuh ke tangan Rusia. Pada tahun 1918, menyusul Revolusi Komunis di Soviet, Armenia mengumumkan kemerdekaannya. Namun, dua tahun kemudian, Armenia digabungkan ke dalam Uni Soviet. Pada awal dekade 1990, melalui sebuah referendum, lebih dari 90 persen rakyat negara ini menginginkan kemerdekaan. Armenistan terletak di kawasan Kaukasus, memiliki luas wilayah hampir 30 kilometer persegi dan berbatasan dengan Iran, Azerbaijan, Turki, dan Georgia.
sumber : http://indonesian.irib.ir/aplikasi/item/85576-armenia-merdeka


1999: Setelah adanya intervensi pemberontak Chechnya di Daghestan dan pengeboman teroris atas rumah-rumah apartemen di beberapa kota Rusia, Rusia memulai serangkaian serangan udara pada tempat-tempat yang dicurigai sebagai basis gerilya di Chechnya; invasi pasukan darat mengikuti, memulai kembali perang Rusia di Chechnya.
Efek Perang Rusia Cechnya via marechausseetevoet.wordpress.com


2002 - Browser web Mozilla Firefox (Phoenix) diluncurkan: versi 0.1.
Firefox, via galih-hacker24.blogspot.com
Mozilla Firefox adalah browser yang populer urutan ketiga dalam urusan navigasi web, tepat berada di belakang Google Chrome dan Internet Explorer.Firefox terbilang unik di antara browser raksasa lainnya, dikarenakan Mozilla adalah satu-satunya browser yang bersifat open source - yang berarti source code dari Mozilla itu tersedia untuk umum. 
sumber : http://galih-hacker24.blogspot.co.id/2012/09/fakta-unik-tentang-mozilla-firefox.html


2003 - Serial Televisi NCIS yang sekarang menjadi drama nomor 1 diluncurkan oleh CBS.
NCIS, via kaskus.co.id
NCIS (Naval Criminal Investigative Service) adalah serial televisi Amerika Serikat yang di produksi oleh CBS Television Studios (Perusahaan yang sama dengan CSI: Crime Scene Investigation, CSI: Miami dan CSI: NY). Saluran aslinya adalah CBS. Meskipun NCIS tayang perdana 23 September 2003 tetapi beberapa tokohnya sudah tampil di acara CBS lainnya yaitu JAG. Dalam episode "Icequeen" dan "Meltdown" yang menampilkan tokoh-tokoh NCIS (yang saat itu merupakan Spin-off) seperti Leroy Jethro Gibbs, Anthony DiNozzo, Abby Sciuto dan Dr. Ducky Mallard.



https://id.wikipedia.org/wiki/23_September
http://www.tarakankota.go.id/in/Hari_Peringatan.php
http://www.kembangpete.com/2014/09/22/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-23-september/

No comments:

Post a Comment