Wednesday, September 9, 2015

9 September Hari Olahraga Nasional, #hariinidalamsejarah


Hari Olahraga Nasional, via myrufi.blogspot.com
Tanggal 9 September juga diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional, nah bagi kamu penyuka Olahraga, today is yours, bro. Tapi sebelumnya mari kita flashback ke belakang untuk mengetahui sejarah penetapan tanggal 9 September ini sebagai hari Olahraga Nasional. yuuuk
PON I, Surakarta, via www.pon-peparnas2016jabar.go.id
Penetapan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional bermula dari Pekan Olahraga Nasional Pertama yang diselenggarakan di Surakarta pada 9 September 1948. Acara PON I ini digelar dari tanggal 9 sampai 12 September dan diikuti oleh beberapa wilayah setingkat kota atau keresidenan. Ada 13 partisipan yakni Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi dan Surabaya

Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno dan acara penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) (sebelum bergabung dengan KONI dan sejak 2007 menjadi Komite Olimpiade Indonesia).

Pekan Olahraga Nasional I ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yakni Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan dan Bola Basket dengan jumlah total medali (emas, perak, perunggu) yang diperebutkan sebanyak 108 medali. Dalam PON I ini, Surakarta sebagai tuan rumah menjadi juara dengan total perolehan sebanyak 36 medali.

Jadi, penetapan 9 September sebagai HAORNAS (Hari Olahraga Nasional) didasarkan pada penyelenggaraan PON yang pertama kali, bro. Sipp..

sumber :
http://smanegeri1singkup.blogspot.com/2014/09/hari-olah-raga-nasional.html
http://www.bimbie.com/hari-olahraga-nasional.htm

No comments:

Post a Comment