Thursday, September 24, 2015

Peristiwa 24 September, #hariinidalamsejarah

Deretan Peristiwa yang Terjadi Tanggal 24 September :


622 - Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam menyelesaikan hijrahnya dari Mekkah ke Madinah. 
Gambaran Hijrah, via sultanconan.blogspot.com
Dalam sejarahnya, kaum muslimin pernah hijrah sebanyak dua kali. Hijrah yang pertama kali di lakukan oleh umat islam adalah hijrah ke Abessinia atau Habsyi (sekarang Ethophia). hal tersebut terjadi karena para pengikut Nabi Muhammad saw, terutama yang baru memeluk agama Islam selalu mendapat siksaan dari kaum kafir Qurais. Hijrah yang pertama dilakukan kaum muslimin adalah pada bulan rajab tahun 615 M.pada waktu itu 14 orang (10 laki laki dan 4 perempuan),berangkat hijrah ke habsyi. ,mereka yang berangkat antara lain Usman bin Affan bersama istrinya, Ruqayyah binti Muhammad, Abu Hazaifah bin Utbah bersama istrinya, Sahlah, Zubair bin Awwam, Mus'ab Salamah al Makhzum bersama instrinya, Abdullah bin Mas'ud. Keterangan lain menyebutkan bahwa jumlah kaum muslimin yang hijrah ke Habsyi akhirnya 1000 Orang karena beberapa orang lagi menyusul, termasuk di dalamnya Ja'far bin Abi Talib.
Peristiwa hijrah kedua dilakukan oleh kaum muhajirin bersama nabi Muhammad saw. dari mekah ke Madinah pada tahun 622M. dalam hijrah ini sebagian kaum muhajirin ada yang berangkat mendahului Nabi saw. dan ada juga yang menyusul kemudian. adapun yang berangkat bersama Nabi saw. hanyalah Abu Bakar As Shiddiq, lalu di susul oleh Ali bin Abi Thalib. Proses hijrah ini selesai pada tanggal 22 September 622 M.
sumber : http://www.harafimulki.com/2014/04/perjuangan-kaum-muhajirin-dalam-hijrah.html 


1526 - Pangeran Samudera, raja pertama Kerajaan Banjar memeluk Islam, tanggal ini dijadikan Hari Jadi Kota Banjarmasin.
Kerajaan Banjar, via www.kaskus.co.id
Namanya adalah Sultan Suriansyah dengan nam kecil Raden Samudra, ia merupakan Raja Banjar pertama yang memindahkan pusat pemerintahan di kampung Banjarmasin (Kuin), menggantikan Maharaja Temenggung (Raden Panjang), Dia ahli waris yang sah sesuai wasiat kakeknya Maharaja Sukarama (Raden Paksa) dari Kerajaan Negara Daha, dibantu Mangkubumi Aira Taranggana.
sumber : http://kesultananbanjar.com/id/?p=331


1841 - Sultan Brunei menyerahkan Sarawak kepada Britania.
Kerajaan Sarawak, via www.utm.my
Sarawak dikuasai oleh Kesultanan Brunei pada awal abad ke-19. James Brooke diangkat menjadi gubernor Sarawak pada 24 September 1841 dan diberi gelar Raja oleh Sultan Brunei pada 18 Agustus 1842. Brooke hanya menguasai wilayah Serawak yang paling barat, di sekitar Kuching. Ia berkuasa hingga kematiannya pada 1868. Pengganti James antara lain sepupunya, Charles Anthony Johnson Brooke, dan anak Anthoni, Charles Vyner Brooke. Wilayah yang dikuasai oleh keluarga Brooke semakin luas, dengan menguasai wilayah yang tadinya milik Brunei. Namun kenyataannya Brunei hanya menguasai sungai strategis dan benteng di kawasan pesisir, sehingga Brookes sebenarnya merampas tanah para pejuang Muslim dan suku lokal.


1877: Saigo Takamori, yang memainkan peran utama dalam Restorasi Meiji di Jepang tetapi kemudian menantang pemerintahan kekaisaran, melakukan ritual bunuh diri menyusul kekalahan pemberontakan Satsuma-nya.
Takamori, via www.twcenter.net


1948 - Perusahaan kendaraan Jepang, Honda, didirikan.
Logo Honda yang pertama, via triknya.com
Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959, dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS. Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.
Honda merupakan pabrikan Jepang pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acura untuk mobil mewahnya di Amerika Utara. Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda di Indonesia paling terkenal dengan sepeda motornya.
Honda bermarkas di Tokyo. Saham mereka diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor Co., bermarkas di Torrance, California.



1960 : Penetapan Hari Tani Nasional 
Hari Tani Nasional, via radenirinne.blogspot.com
Penetapan hari tani didasarkan pada hari kelahiran Undang-Undang No 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, lebih dikenal dengan UUPA. Alasannya UUPA menjadi hari pertanian adalah karena salah satu isi UUPA mengatur tentang ketetapan hukum bagi pelaksanaan redistribusi tanah pertanian (reforma agraria). Ditetapkan kelahiran UUPA sebagai hari tani dengan pemikiran bahwa tanpa peletakan dasar keadilan bagi petani untuk menguasai sumber agraria, seperti tanah, air, dan kekayaan alam, mustahil ada kedaulatan petani. (Pramono, 2010)
Kelahiran UUPA melalui proses panjang, memakan waktu 12 tahun. Dimulai dari pembentukan "Panitia Agraria Yogya" (1948), "Panitia Agraria Jakarta" (1951), "Panitia Soewahjo" (1955), "Panitia Negara Urusan Agraria" (1956), "Rancangan Soenarjo" (1958), "Rancangan Sadjarwo" (1960), akhirnya digodok dan diterima bulat Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR), yang kala itu dipimpin Haji Zainul Arifin. Kelahiran UUPA mengandung dua makna besar bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Pertama, UUPA bermakna sebagai upaya mewujudkan amanat Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 (Naskah Asli), yang menyatakan, "Bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat". Kedua, UUPA bermakna sebagai penjungkirbalikan hukum agraria kolonial dan penemuan hukum agraria nasional yang bersendikan realitas susunan kehidupan rakyatnya. (Bey, 2003)

Sumber :
http://www.gagaspertanian.com/2013/09/sejarah-hari-tani-nasional.html#axzz3mT0PMo5G


1973 - Guinea-Bissau menyatakan kemerdekaan dari Portugal.
Logo Guinea-Bissau, via commons.wikimedia.org
Guinea-Bissau dulu merupakan bagian dari Kerajaan Kaabu, yang merupakan bagian dari Kekaisaran Mali. Bagian dari kerajaan ini bertahan hingga abad ke-18, sementara beberapa bagian lainnya adalah bagian dari Kekaisaran Portugal. Kemudian Guinea-Bissau menjadi bagian dari koloni Portugal, Guinea Portugal pada abad ke-19. Setelah kemerdekaan, dideklarasikan pada 1973 dan diakui pada 1974, nama ibu kotanya, Bissau, ditambahkan ke dalam nama negara untuk menghindari kekeliruan dengan negara Guinea.


1996: Taliban, yang awalnya merupakan tentara religius fundamentalis yang berkomitmen untuk mengakhiri perang sipil pasca-Soviet untuk menguasai Afghanistan, menguasai Kabul. 
Tentara Taliban, via abcnews.go.com


1999 - Tragedi Semanggi II: Yun Hap, mahasiswa UI tewas tertembak.
Yun Hap, via mohgavin.wordpress.com
Untuk yang kesekian kalinya tentara melakukan tindak kekerasan kepada aksi-aksi mahasiswa. Kala itu adanya pendesakan oleh pemerintahan transisi untuk mengeluarkan Undang-Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (UU PKB) yang materinya menurut banyak kalangan sangat memberikan keleluasaan kepada militer untuk melakukan keadaan negara sesuai kepentingan militer. Oleh karena itulah mahasiswa bergerak dalam jumlah besar untuk bersama-sama menentang diberlakukannya UU PKB. Mahasiswa dari Universitas Indonesia, Yun Hap meninggal dengan luka tembak di depan Universitas Atma Jaya.
Selain di Jakarta, pada aksi penolakan UU PKB ini korban juga berjatuhan di Lampung dan Palembang. Pada Tragedi Lampung 28 September 1999, 2 orang mahasiswa Universitas Lampung, Muhammad Yusuf Rizal dan Saidatul Fitriah, tewas tertembak di depan Koramil Kedaton. Di Palembang, 5 Oktober 1999, Meyer Ardiansyah (Universitas IBA Palembang) tewas karena tertusuk di depan Markas Kodam II/Sriwijaya.
sumber : http://syajarra.blogspot.co.id/2009/11/tragedi-semanggi-tragedi-semanggi.html


2002 : UU Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau
Lambang Provinsi Kepulauan Riau, via anakaseliindonesia.wordpress.com

Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu Provinsi termuda yang ada di Indonesia. Secara dejure, Provinsi ini terbentuk pada hari ini 13 tahun yang lalu melalui pengesahan UU Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau, namun secara defacto, Provinsi Kepri baru berjalan pada 1 juli 2004 ditandai dengan dilantiknya Plt. Gubernur Kepulauan Riau. Namun disepakati Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau adalah pada tanggal 24 September 2002, dengan begini maka sudah 13 tahun Provinsi Kepri ini beridiri. 





https://id.wikipedia.org/wiki/24_September
http://www.kembangpete.com/2014/09/23/peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-tanggal-24-september/
http://www.muradmaulana.com/2014/08/hari-penting-nasional-dan-internasional.html

No comments:

Post a Comment