Friday, April 9, 2021

Cerita Studi Komparasi Wisata di Bintan - Crystal Lagoon dan Mangrove (lagi)

Masih dihari kedua. Perjalanan masih berlanjut seakan tiada henti. 😈 Setelah melihat megahnya Doulos Phos The Ship Hotel. Kami diajak menuju kolam renang terbesar se Asia Tenggara. Crystal Lagoon namanya. Saat tiba, kami disambut oleh manager pengelola dengan ramah. Kami mengobrol santai dan menjelaskan secara singkat tentang kolam renang ini. Saat akan masuk ke dalam area, kami diberi gelang sebagai penanda tamu. 

Kasih tanda, biar gak hilang

Tidak seperti biasanya, kolam ini sepi, imbas dari belum berakhirnya pandemi. Sedih pula rasanya melihat tempat semegah ini namun sepi pengunjungnya. Banyak fasilitas-fasilitas yang tak terpakai, dan hanya terlihat beberapa pegawai yang melakukan perawatan-perawatan. Kami diajak berkeling-keliling kolam dengan mobil taman. Terlihat ada beberapa pengunjung yang menikmati kolam ini.

Crystal Lagoon, Bintan

Crystal Lagoon yang merupakan kolam renang terbesar ini terletak di area BRC yang bernama Chill Cove. Luasnya lebih dari 6 hektar dengan panjang sekitar 800 meter dengan kedalaman sampai 2,5 meter. Air kolam merupakan air laut asli yang melalui proses penyulingan.

Potopoto sama pengelola

Selain berenang sampai puas, crystal lagoon juga menawarkan beberapa atraksi bahari, seperti water jet, paddleboarding, flyboarding, kayak, hingga water ski. Taman bermain di darat serta tempat bersantai juga tersedia di dekat kolam. Jika bosan dengan kegiatan air, bisa menjajaki berbagai fasilitas lain seperti ATV dan menyusuri hutan mangrove di sekitar kolam. Pun jika bosan dengan kegiatan outdoor, kita juga menikmati beragam fasilitas indoor yang disediakan. Untuk paket dan harga bisa langsung mengunjungi situs resminya, ya. 😊

Perjalanan kami masih berlanjut menuju Treasure Bay Mangrove, letaknya tak jauh dari Crystal Lagoon. Treasure Bay Mangrove merupakan wisata bakau yang ada di BRC, berbeda dengan Bintan Mangrove yang kami kunjungi tadi pagi, yak. Konsepnya sama seperti Bintan Mangrove, hanya dermaga kecil tempat "transit" sebentar untuk menuju perahu dan diajak museng-museng (jalan-jalan) mengitari hutan bakau. 

Pintu Masuk Treasure Bay Mangrove

Jika beruntung kita bisa melihat dugong, sejenis mamalia air tawar yang habitatnya memang di sekitar bakau dan beberapa hewan khas hutan mangrove lainnya. Beragam paket wisata tersedia di treasure bay mangrove ini. Di dekat dermaga, ada "tongkang mini" yang biasa digunakan untuk mengantarkan wisatawan dinner di tengah-tengah muara, atau mengantarkan turis untuk melakukan yoga di tengah-tengah mangrove sambil menyatu dengan alam.

Dermaga Treasure Bay Mangrove

Sepertinya seru ya, dinner dengan pasangan di tengah-tengah muara bakau, atau beryoga dengan ditemani musik alam. Di Natuna ada banyak spot wisata bakau, beberapa sudah dikembangkan, dan yang lain sedang dalam tahap pengembangan. Semoga bisa memberikan warna lain dalam wisata Natuna yang masih berfokus pada pantai dan pulau.



Lanjut lagiii .........




Refrensi
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210204151141-269-602318/kolam-renang-terbesar-se-asia-tenggara-ternyata-ada-di-bintan
https://www.treasurebaybintan.com/

No comments:

Post a Comment