Monday, May 6, 2013

Gunung Ranai ; Kokoh, Penuh Misteri.


Gunung Ranai dari Pantai Kencana

Gunung Ranai terletak di Pulau Bunguran Besar, ia merupakan gunung tertinggi yang ada di Kabupaten Natuna. Gunung Ranai terdiri dari tiga puncak, yaitu Puncak Datuk Panglima Husin, Puncak Srindit, dan Puncak Erik Samali. Gunung Ranai tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1.035 m diatas permukaan laut, ya mungkin bagi para pecinta alam yang suka naik gunung bakal cengengesan ketika mengetahui tinggi gunung ini, tapi.... coba daki dulu deh.😃

Walau gunung ini tergolong tidak tinggi, tapi karena posisi pulau Bunguran berada di tengah laut maka hempasan angin sangat kuat. Belum lagi kabut tebal dan angin dahsyat menerjang gunung Ranai, maka pendaki harus waspada dan mempersiapkan tenda untuk menginap. Gawat dan penuh tantangan.

Konon cerita dari masyarakat di sana bahwa Gunung Ranai terdapat kehidupan Alam Gaib yang sangat mistis bahkan hingga kini masih terselimut rapi di balik Gunung Ranai yang diyakini Penduduk sana tempat tinggal Makhluk Halus. Demikian diceritakan Haji Die, warga Darat Ranai yang keseharian Bapak Paruh Baya itu saat dijumpai media ini usai mengajar ngaji anak-anak penduduk yang tinggal di kaki gunung.

Beliau menuturkan, bahwa zaman duhulu banyak manusia alam nyata yang mampu berkomunikasi (secara gaib) dengan mereka. Bahkan dikala masyarakat ada hajatan, semacam pernikahan atau yang lainnya, melalui juru kunci, masyarakat Natuna dapat meminjam alat keperluan acara seperti piring, gelas, dan bermacam ragam lainnya. Dia menceritakan, kehidupan "mereka" di sana sama dengan layaknya manusia seperti kita. Bahkan mereka lebih canggih dari manusia sediakalanya, imbuh Haji Die. 

Yang sangat menjadi fenomenal di sini bahwa ada orang yang pernah belanja mobil dump truk dengan jumlah yang besar ke Dealer di Kalimantan. Sangking banyaknya, mobil tersebut dianggkut mengunakan Kapal Tongkang. Saat bersamaan dalam tempo sebulan pasca dealer mobil telah melayani partai besar, ada penduduk Ranai yang juga belanja mobil di tempat yang sama di Kalimantan, pemilik dealer mobil menuturkan ada orang Natuna sangat kaya sebulan yang lewat belanja Mobil dengan partai besar sontak terkejut bertutur “saya belum pernah melihat orang Natuna membeli mobil partai besar". Dari sekelumit cerita tersebut udah diyakini bahwa orang bedung lah yang membelinya terkadang ini tidak bisa diterima oleh akal sehat tetapi ini nyata, ujar Haji Die menjelaskan.

Sementara juga pernah tersiar kabar disaaat Latihan Defence Cooperation Agreement (DCA) serta Kunjungan Panglima Jendral Sutanto ke Natuna berapa tahun lalu (ite masih kecik yau) ada sebuah fenomena yang terjadi di Natuna dari pantauan Udara mengunakan pesawat menyebutkan dari udara alam Natuna sangat dipenuhi rumah Penduduk. Tetapi yang sangat terkejut disaat mendarat di Bandara AURI Ranai, sejumlah petinggi Panglima yang dalam rencana meninjau Lokasi latihan Militer DCA seakan terkejut saat melihat  tidak ada apa-apa di sana melainkan pepohonan serta kelapa, tiada bangunan-bangunan, pemukiman, bahkan penduduk dengan jumlah yang besar. Ujar Haji Die. Masyarakat Natuna menyebutnya orang Bedung (Gaib, Red).

--------------------

Banyak juga cerita-cerita lain tentang gunung tertinggi di Kabupaten Natuna ini, saya sendiri pun sudah mendengar langsung dari juru kunci gunung ini saat kami mendaki puncak Srindit pada tahun 2008 lalu bersama rombongan Natuna TV, beliau berkata Gunung ini memiliki "tentara" yang tak terlihat dengan gudang senjata yang lengkap, posisinya berada di "punggung" gunung.

Aku dan rekan2 Natuna TV


berfoto bersama juru kunci Gunung Ranai

Air Terjun Gunung Ranai, terdapat di kaki Gunung

Dia juga pernah menceritakan tentang sekelompok Mapala (Mahasiswa Pecinta Alama) yang didatangkan oleh pemda untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada 17 Agustus di puncak gunung tersebut pada 2006. Awalnya beliau menyanyakan pada salah seorang wanita pendaki tentang kesanggupannya, lalu di jawab oleh wanita tersebut dengan santai, mungkin seperti ini lah kata-katanya "eleh pak, ini gunung tingginya aja gak sampe 1 km, gunung2 di Jawa sana 3 km aja saya taklukkan pak". Sang Juru Kunci hanya tersenyum mendengarnya. dan alhasil, baru setengah perjalanan si pendaki wanita ini sudah tidak sanggup lagi untuk melanjutkan. Wawww...!! belum lagi saat pulang salah satu dari temen mereka tersesat dan ditemukan di dataran tinggi di sebelah gunung, bukan jalan yang seharusnya. Dan banyak lagi cerita-cerita tentang gunung ini.


Gunung Ranai dari Puak

Gunung Ranai dari kejauhan,
Masyarakat Natuna yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan mampu membaca tanda-tanda alam sebelum pergi melaut. Seperti gambar diatas, bila mereka melihat puncak gunung tertutup awan, maka mereka mengurung niat untuk pergi melaut, mereka meyakini bahwa alam tidak bersahabat saat itu, hujan lebat, angin kencang dan akan ada gelombang besar. Wallahu a'lam.
Gunung Ranai dari Bandara

Gunung Ranai dari Pantai Tanjung "Teluk Selahang"




refrensi : kompasiana.com

6 comments:

  1. Aku pengen
    main ke natuna tapi ongkos mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk harga emang agak mahal sih,
      ada alternatif murah. hhe

      mungkin artikel ini bisa membantu http://naldoleum.blogspot.co.id/2015/11/gimana-cara-ke-natuna.html

      Delete
  2. SALAM YAK ,SAMA YG DUDUK DI GUNUNG TU.TANYA KE ATUK JURU KUNCI........

    ReplyDelete