Monday, October 3, 2022

Cerita Tentang Tenis : Serba Pertama Pada Abad 19

Sejarah awal mengenai olahraga tenis sudah kita bahas pada tulisan sebelumnya. Bisa dibaca dengan klik tautan ini, ya. Kali ini kita akan mengulik perkembangan olahraga tenis selanjutnya, oke!

Setelah permainan tenis di luar lapangan dikenalkan oleh Mayor Wingfield, tenis menjadi berkembang cukup populer dan mendapat atensi di Eropa. Prancis yang merupakan negara tempat olahraga ini berasal juga mengembangkan permainan tenisnya. Tahun 1872 Major Herry Gem mendirikan Klub Tenis pertama di Prancis, bahkan menjadi klub tenis pertama di dunia. Klub ini bernama Leamington Lawn Tennis Club

Perkembangan olahraga tenis sampai keluar Eropa. Terbukti pada tahun 1874, digelar turnamen tenis pertama di Amerika, setelah sebelumnya dua beradik Joseph dan Clarence Clark membawa aturan-aturan tenis lapangan dari Mayor Walter Wingfield ke Amerika Serikat dan mengadakan turnamen pada akhir tahun 1874.

Clarence dan Joseph Clark

Pada tahun 1875, Henry Cavendish meyakini para pemain Kroket yang tergabung dalam All England Croquet Club untuk mengganti lapangan kroket dengan lapangan tenis. Klub Kriket Marylebone mengikutinya dan sekaligus mengambil andil besar dengan membuat perubahan-perubahan dalam permainan. Diantaranya menambahkan deuce (skor 40-40), keuntungan pemberi dan penerima, dua kali service hingga perubahan lapangan yang semula berbentuk jam pasir menjadi persegi panjang seperti yang digunakan hingga saat ini.

Pada tahun 1877 ini pula kejuaraan tenis dunia pertama kali dibuat. Berlokasi di jalan Worple, Wimbledon, London, acara ini disponsori oleh All England Croquet Club. Hanya 22 pemain putra yang mengikuti kejuaraan ini, dengan nomor tunggal putra. Spencer William Gore menjadi pemenang dalam kejuaraan tenis dunia yang pertama kali ini. Ini merupakan cikal bakal turnamen tenis The Championship, Wimbledon.

William Gore dan Logo Wimbledon saat ini.

Selanjutnya banyak terjadi berbagai inovasi dalam permainan tenis. Pada masa-masa awal, service dilakukan dengan cara underarm, yaitu teknik ayunan raket dari bawah. Pun selama bertanding, pukulan smash belum ditemukan. Baru pada tahun 1880 lahirlah smash overhead, yaitu pukulan smash dengan raket di atas kepala. Pukulan smash ini dikenalkan oleh Renshaw bersaudara di Wimbledon. Dalam dekade 1880an, Renshaw bersaudara adalah raja tenis dengan memenangi banyak kejuaraan.

Perkembangan tenis di luar benua Eropa juga semakin pesat, pada tahun 1881 digelar turnamen tenis di Amerika Serikat yang sampai saat ini dikenal dengan US Open. Turnamen tenis terbuka ini digelar setelah Asosiasi Tenis Lapangan Amerika (United States National Lawn Tennis Association disingkat USNLTA; cikal bakal USTA) terbentuk. US Open merupakan turnamen tenis nasional yang hanya diikuti oleh penduduk Amerika, pemenang US Open pertama adalah Richard Dick Sears.

Richard D. Sears, logo US Open dan Logo USTA saat ini

Selama masa-masa itu olahraga tenis masih dimainkan oleh lelaki. Baru pada tahun 1884, Wimbledon membuka turnamen yang bisa diikuti oleh wanita, saat itu terdiri dari 13 peserta. Pada turnamen itu juga dipertandingkan ganda putra untuk pertama kalinya. 

Berkembangnya olahraga tenis lapangan di dunia yang pesat menjadikannya harus memiliki wadah untuk mengatur segala sesuatu tentang tenis secara sistematis dan terintegrasi. Maka pada tahun 1888 berdirilah Lawn Tennis Association (LTA) yang berpusat di Inggris. Tahun 1891 Kejuaraan Tenis dibuka di Prancis untuk pertama kalinya, kala itu pesertanya masih dikhususkan untuk warga Prancis saja, kejuaraan ini merupakan cikal bakal Kejuaraan Rolland Garos.

Olahraga tenis lapangan juga masuk dalam salah satu cabang olahraga pada Olimpiade pertama di Athena yang berlangsung pada bulan april tahun 1896. Kala itu hanya dipertandingan nomor tunggal putra dan ganda putra. Olahraga tenis hanya diikuti separuh negara peserta olimpiade. Peraih medali emas tunggal putra saat itu adalah John Boland dari Inggris Raya, sedangkan peraih emas pada nomor ganda putra adalah Johnd Boland dan Friedrich Traun dari Tim Campuran Negara.

Traun (kiri), Boland (kanan) pada Olimpiade modern pertama

Perkembangan tenis semakin melesat. All England Croquet Club yang bermarkas di Distrik Wimbledon berganti nama menjadi All England Lawn Tennis dan Croquet Club pada tahun 1899 dikarenakan peminat kroket semakin hari semakin berkurang kala itu. Distrik Wimbledon menjadi tempat berkembangnya tenis modern yang kita kenal saat ini. 

Memasuki akhir abad 19, tepatnya pada tahun 1900, seorang mahasiswa Universitas Harvard Dwight F. Davis menggagas turnamen tenis beregu yang mempertandingkan dua negara, antara Amerika Serikat dan Kepulauan Inggris. Ajang tersebut diberi nama Piala Tenis Lapangan Internasional (International Lawn Tennis Challenge Trophy). Turnamen ini merupakan turnamen tenis bergeu pertama, dan yang menjadi cikal bakal Davis Cup yang kita kenal hingga saat ini.


Refrensi:
https://www.tennistheme.com/tennishistory.html
https://www.itftennis.com/en/about-us/organisation/history-of-the-itf/
https://deepublishstore.com/materi/tenis-lapangan/
https://www.ourwarwickshire.org.uk/content/article/leamingtons-role-in-the-origins-of-lawn-tennis
https://www.leamington-tennis-squash.co.uk/club-history/
https://mahasiswa.ung.ac.id/831412203/home/2013/3/10/sejarah_tenis_lapangan.html

No comments:

Post a Comment