Saturday, September 22, 2018

"Nongkrong Tampan" di Malabar Cafe & Resto a.k.a Gudeg Bu Harman

Matahari sudah agak condong sedikit ke barat saat ku "tunggangi" kuda besi menuju ke tengah kota untuk janjian bertemu dengan customer. Sebelumnya by phone sudah ditetapkan tempat bertemu, dan tidak susah menemukan tempat ini : Malabar Coffee and Resto.

Setelah memarkirkan motor -sepertinya saya tiba terlebih dahulu-, saya menuju ke dalam dan memilih kursi di bagian depan, agar mudah ditemui oleh customer. Daftar menu diantar oleh waitress, setelah memesan minuman, saya kembali menelpon customer untuk mengkonfirmasi bahwa saya sudah di TKP.

Sembari menunggu, saya mengamati tempat ini, full of artistic. Meskipun terbilang sering kesini, namun desain interiornya tak pernah membosankan. Unik. Nama tempat ini ada dua, Gudeg Bu Harman dan Malabar Coffee and Resto. Dua jenis tempat makan yang dijadikan satu. Bisa untuk ngopi, bisa juga untuk makan ala resto. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai menu nusantara hingga western, hingga menu khas kopi nusantara. 
Malabar Coffee
Plafon pintu dan jendela kayu bekas

So artistic.

Kafe ini dibagi menjadi beberapa tempat, -versi saya-. Tempat pertama adalah "area" resto yang berada dibangunan yang mirip joglo, terdiri dari beberapa meja makan dengan berbagai bentuk. Tempat kedua area belakang, disini kita bisa menikmati hidangan dengan suasana terbuka dan juga di pondok-pondok lesehan. Tempat ketiga adalah ruang VVIP, letaknya di belakang, gedungnya terpisah dengan gedung utama, ruangan ini bisa menampung sekitar 200an orang. 


Tempat terakhir adalah malabar coffee nya, masih satu atap dengan tempat pertama, hanya saja desain interiornya berbeda, dari poster-poster sampai sepeda onthel ditempel di dinding, lemari dan rak tempat menaruh barang-barang unik juga dipajang disudut dekat barista meracik kopinya, bahkan plafonnya terdiri dari pintu-pintu dan jendela-jendela bekas yang tak terpakai lagi. Sangat artistik dan memanjakan mata. Desainnya mengingatkan Jogja, yang penuh dengan seni.
"area" pertama
Outdoor dan ruang VVIP
Pesanan saya datang, Espresso Con Panna, kopi espresso dengan whipped cream. Minum selagi panas maupun dingin sama nikmatnya, tergantung selera. Pahitnya kopi bercampur dengan gurihnya cream menjadikan sensasi rasa yang luar biasa sambil menikmati sore di kota minyak ini.
Espresso Can Panna
Kafe yang baru berdiri tahun 2014 ini menyediakan berapa varian biji kopi nusantara. Sudahpun hampir semua saya cicipi. Meskipun bukan penikmat kopi, namun saya merasakan rasa yang luar biasa ketika menyeruput berbagai varian kopi nusantara yang disajikan dengan berbagai metode ini.
Kopi, Kopii!!!!
Menurut Saprani yang merupakan staf bagian administrasi, Toraja merupakan menu recommended disini untuk kopi nya. Yang lainnya adalah cappucino jadi yang terfavorit. Jika ingin yang dingin-dingin, black avocado adalah minuman yang harus diorder. CItarasa buah alpukat berpadu dengan nikmatnya kopi menjadikan sensai minum jus alpukat yang berbeda. Bagi anda yang kurang suka kopi, jangan khawatir. Menu-menu lezat tanpa kopi juga tersedia disini. Untuk makanannya jangan lupa untuk mencicipi sapi lada hitam dan tongseng kambing yang maknyoss beut. Sebagai tempat nongkrong, snack-snack lezat juga tersedia disini, coba pesan tempe mendoan, krenyes-krenyesnya yang renyah bisa menjadi teman untuk menyeruput kopi. Atau coba juga pisang kejunya, manisnya pisang yang bercampur dengan keju melengkapi rasa pahitnya kopi yang kita pesan. Paduan yang pas menemani nongkrong ganteng ini. Ohya jangan lupa juga cicipi gudegnya yang jadi menu andalan di sini. Barangkali kangen dengan masakan Jogja dan Jawa Tengah, makan gudeg ini bisa jadi sedikit pengobat rindu.
Tempe Mendoan
Fasilitas-fasilitas lain yang terdapat di kafe ini adalah taman bermain yang terletak di samping ruang VVIP, lalu mushala dengan ukuran sedang, bisa muat sekitar 30an jemaah, pas untuk mengadakan buka puasa bersama. Fasilitas wi-fi juga tersedia di kafe yang terletak di seberang RS AL ini. Sebagai tempat nongkrong yang asyik, Malabar Coffe and Resto mengadakan live musik pada malam selasa, kamis, dan minggu. Kafe ini juga memfasilitasi komunitas-komunitas pecinta olahraga untuk mengadakan event nonton bareng (nobar).

Jadi,... ayok nongkrong ganteng.!


-------------------------------
 
Malabar Coffee and Resto a.k.a Gudeg Bu Harman.
Jl. RE Martadinata no. 60 Pamusian, Tarakan Tengah, Tarakan
Telp : 0551 - 31311
instagram : @Malabar_Coffee

----------------------------

5 comments:

  1. Kereeen.
    Malabar cafe and resto !
    Instagramable banget yaa.

    Taman bermain dan mushola itu penting bagi mamak-mamak seperti saya.
    Anak main. Perut kenyang
    Hehhehe

    ReplyDelete
  2. Lihat foto2nya aja, langsung kecium aroma kopinya.boleh nih cobain Kopi Torajanya. Luar biasa

    ReplyDelete
  3. ya ampun jauh bener kak nongkrongnya :D

    ReplyDelete
  4. bang ryan boleh minta kontaknya, bulan depan kebetulan saya mulai dinas di tarakan,mau tanya2 sedikit tentang tarakan dan sekitarnya.

    ReplyDelete