Saturday, January 19, 2019

Buat Kamu Para "Nyeruput Lovers", Ini Rekomendasi Tempat-Tempat Ngopi di Tarakan

Aktifitas ngopi bagi sebagian masyarakat di Indonesia merupakan salah satu yang wajib dilakukan. Entah karena terbiasa atau juga karena obsesi tertentu, seperti ingin mencicipi citarasa kopi nusantara contohnya.
“Jangan terburu-buru dalam menjalani sesuatu. Nikmati saja apa yang ada, seperti halnya meminum secangkir kopi.”
Frasa diatas merupakan satu dari sekian banyaknya frasa yang terinspirasi dari kopi. Bahkan mungkin kita akan mudah dapati di beberapa coffee shop yang jaman now ini perkembangannya memang boleh dibilang pesat. Banyak para pengusaha muda yang mencoba "menjemput rejekinya" dengan cara membuka kedai kopi dengan berbagai konsep, mulai dan standar hingga berkonsep unik.

Hal itu juga tak terkecuali untuk daerah Tarakan, pulau kecil dan kota industri di Kalimantan Utara ini banyak "ditumbuhi" kedai-kedai kopi. Ada yang baru buka, ada juga yang sudah melegenda. Sebagai kota industri dan kota transit, Tarakan kerap disinggahi oleh berbagai kalangan, baik para pencari kerja maupun yang hanya sekedar singgah untuk terus melanjutkan perjalanan ke tujuan.

Nah, bagi kamu kamu sang ahli seruput yang sedang berada di Tarakan, jangan khawatir bila ingin ngopi. Berikut beberapa tempat ngopi di sekitaran kota Bumi Paguntaka ini yang saya rekomendasikan untuk kamu kamu semua wahai para nyeruput lover.

1. Kedai PST
Warung kopi ini terletak di pusat kota. Sangat mudah untuk ditemukan, terletak  di seberang Mapolresta Tarakan dan Hotel Galaxy di jalan Yos Sudarso, Tarakan <map>. Tempat ini kerap ramai dikunjungi dari pagi hingga sore. Selain kopi, juga tersedia beberapa menu lain baik makanan maupun minuman.  
Kedai PST
Saya biasa nongkrong di kedai kopi ini ketika ada janjian bertemu dengan klien perusahaan. Namun kadang-kadang saya juga pergi sendiri menikmati kesendirian dan pahitnya kopi. Desain kafe nya minimalis namun tetap cozy ditambah dengan wifi yang jadi bikin betah lama-lama disini. Jangan lewatkan untuk sruput kopi susu Jogja disini ya, eitss kebabnya juga enak tu.
ig : kedai.pst

2. Idea Coffee

Kafe mungil ini terletak di jalan Niaga 1, daerah Karang Balik, Tarakan <map>. Ia menjadi satu dengan kedai ayam geprek. Jadi jangan takut kelaparan saat ngopi, kita bisa ngopi sambil makan ayam geprek di sini. Untuk menuju tempat ini kita harus memasang mata jeli ketika mencarinya, karena ia "terhimpit" oleh bangunan-bangunan lain di sebelah kiri dan kanannya.
Idea Coffee
Menu favorit saya disini adalah kopi susu nya, rasa kopinya yang khas dan paduan susunya sangat pas dilidah. Jangan lupa hirup dulu aroma nya sebelum seruput kopi nya. Warung kopi ini bakal bikin betah lama-lama dengan adanya fasilitas wi-fi. Sering ada yang "mabar ML" disini. Hmmmm. 
ig : idea_coffee_id

3. Malabar Coffee and Resto

Coffee shop satu ini sudah terkenal di Tarakan. Legend. Terletak di seberang RSAL jalan RE. Martadinata <map>. Ia satu bangunan dengan Gudeg Bu Harman yang juga sudah banyak dikenal di Tarakan. Menu favorit saya disini adalah kopi vietnam nya, dan itu harus kamu coba. Juga ada variasi kopi lain sesuai selera mu.
Malabar Coffee
Karena coffee shop nya bergabung dengan resto gudeg, jadi akan banyak pilihan menu pendamping ngopi kita disini. Tempatnya juga asyik, sering juga digunakan oleh berbagai komunitas untuk mengadakan "kopi darat" dan berbagai event lain yang diselenggarakan. Menu lain yang sering saya coba adalah roti bakarnya. Pas banget, cemilan manis yang jadi pendamping kopi yang pahit. 
ig : malabar_coffee

4. Tarakan Brewing House

Ini coffee shop baru yang ada di Tarakan, masih di seputaran kota. Terletak di jalan Yos Sudarso di seberang Masjid Fastabiqul Khairaat daerah Jembatan Besi, Lingkas Ujung <map>. Kedai kopi ini menawarkan konsep santai. Tempat kafenya berada di ruko, yang disulap menjadi kafe yang nyaman dengan susunan kursi dan meja sedemikian rupa dan terlihat luas.
Tarakan Brewing House
Ngopi disini sepulang kerja bersama rekan-rekan merupakan pilihan yang pas. Jangan lewatkan untuk nyeruput kopi arabika sebagai menu andalan disini. Tarakan Brewing House menyediakan beragam kopi arabika yang berasal dari Indonesia. And you have to try it!. Biar tau, negeri kita ini juga memiliki citarasa kopi nusantara yang tak kalah nikmatnya. Disini juga tersedia wifi untuk mendukung kegiatan perkantoran. hhe. Bisa juga dijadikan coworking space bagi kita yang tidak punya kantor. Jadi bisa kerja, sambil nyeruput kopiii, dan serasa di rumah.
ig : tarakanbrewinghouse

5. Pondok Lesehan Coffee and Eatery
Pondok Lesehan terletak di Kampung Bugis, tepatnya di jalan Slamet Riyadi, Tarakan <map>. Letaknya agak masuk ke dalam dari jalan utama di kota. Agak jauh dari riuhnya kota Tarakan. Namun kafe yang biasa juga disebut pondless ini kerap ramai dikunjungi, terlebih saat malam.
Pondok Lesehan Coffee & Eatery
Tata letak bangunannya juga unik dan cozy, bangunan utama terdiri dari 2 lantai, dan didepannya terdapat pondok-pondok lesehan yang enak untuk bersantai. Selain menu kopi tubruk arabika dan robusta, jangan lewatkan untuk mencoba sruput kopi milonya, panas asyik, yang dingin tak kalah nikmat, dan ini favorit saya ketika disini. Selain ngopi, ada juga beberapa cemilan pendamping ngopi yang tak kalah lezatnya, jangan lupa diorder untuk pelengkap nongkrongmu disini, ditambah dengan fasilitas wifi yang bikin betah lama-lama untuk berada Pondok Lesehan ini.
ig : pondles_trk

6. Kedai Filosofi

Ini merupakan kedai kopi unik menurut saya. Selain menawarkan konsep angkringan dengan gerobak kecil khas nya, kedai kopi ini adalah satu-satunya yang saya bahas disini dengan metode penyajian kopi saring. Letaknya di jalan Yos Sudarso di seberang SDN 002 Tarakan <map>. Kedai Filosofi mengajak para ahli seruput untuk berbaur satu sama lain, layaknya kesederhanaan sebuah angkringan.
Nongkrong dipinggir jalan, ngopi dan diskusi merupakan sebuah kegiatan berfaedah yang bisa membuat hari-hari kita lebih bermakna. Disini juga tersedia perpustakaan mini, jadi bisa nongkrong sambil baca-baca buku biar wawasan bertambah. #salamliterasi. Jika berada di Kedai Filosofi, jangan lewatkan mencicipi citarasa kopi Aceh yang disajikan dengan cara konvensionalnya. Rasanyaa..... hhhhhmmmmm ah dah.

"Cerita kedai kopi, cerita kedai kopi, tiada hakim tiada saksi, cerita sensasi di kedai kopi."
-Malique ft Salam


12 comments:

  1. menarik kak. mulai dari klasik sampai modern ada ya kak. mulai dari gerobak, lesehan, sampai berkursi ada juga. itu semua udah pernah dicicip kak? kerenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe, alhamdulillah sudah nyicip semua tempatnya. wkwkk

      Delete
  2. wah tempatnya bagus2 dan IGable ya...tinggal kopinya aja nih mana yg cocok dgn selera

    ReplyDelete
  3. Wah TARAKAN! Bermimpi ingin ke sana, tapi belum tau kapan sih huahaha. Kan mimpi ajah dlu manatau pada akhirnya jadi kenyataan. Banyak juga yah kak tempat ngopinya disana, beragam jenis lagi. Ku bukan pecinta kopi sih tapi kalau ditawarkan untuk mencoba setiap lekuk tempat ngopi yang di sana ga keberatan, catet ah. Thanks infonya kak!

    ReplyDelete
  4. Saya kayak pernah dengar tentang malabar, tapi dimana yah. Btw. Referensinya menarik untuk dikunjungi. Saya belum pernah ke Tarakan dan menjadi sebuah referensi buat saya jika akan kesana.

    ReplyDelete
  5. Dimana-mana tempat kopi pasti keren-keren yaaa.... Biar maksimal nikmat seruputnya ya, tempatnya juga kudu asyik2 juga. Hehhee

    ReplyDelete
  6. FIx kalau ke Tarakan, tempat ngopi perdana yang kukunjungi bakal Malabar. Ada gudegnya. wkwk

    ReplyDelete
  7. Cari Kopi Murah di Tarakan? Taman Delta Indonesia punya, cek tamandelta.com

    ReplyDelete
  8. I do https://www.instagram.com/iza_rfq?r=nametag

    ReplyDelete