Tuesday, November 11, 2014

Pantai Teluk Selahang, Pesona Ikon Wisata Natuna

Assalamu'alaikum,
Kali ini saya akan jelaskan salah satu destinasi pantai yang ada di Natuna, khususnya di Pulau Bunguran. Pantai ini bernama Pantai Teluk Selahang. Ia merupakan satu dari sekian banyak deretan pantai indah di sisi timur pulau Bunguran, dan sekaligus menjadi ikon wisata Kabupaten Natuna.

Pantai Teluk Selahang dahulu akrab disebut dengan nama Pantai Tanjung, terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, sekitar 7 km dari pusat Kota Ranai. Kita membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit dengan kecapatan rata-rata kendaraan bermotor untuk sampai ke pantai ini. Sejak dulu Pantai Teluk Selahang merupakan destinasi wisata utama masyarakat Natuna. Pantai Teluk Selahang memiliki pasir landai yang putih, dihiasi oleh pepohonan kelapa, di depannya kita bisa langsung melihat Pulau Senoa yang seakan berhadapan mengajak bercengkrama, dan di belakang seakan pantai ini "dijaga" oleh Gunung Ranai yang kokoh.
Pantai Teluk Selahang dengan Latar Belakang Gunung Ranai


Diakhir pekan, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik warga setempat maupun dari luar pulau untuk menikmati indahnya alam di sini. Bahkan pada saat-saat tertentu seperti liburan lebaran atau event-event lainnya, pantai ini akan menjadi padat oleh pengunjung. Pemerintah dan warga sekitarpun sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, tempat bilas, hingga warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman serta pondok-pondok kecil untuk bersantai. Jangan lupa untuk mencicipi kernas dan tabel mando serta air kelapa jika sudah berada di pantai ini.

Pantai Teluk Selahang juga merupakan "pintu gerbang" untuk menuju pantai-pantai indah lainnya di Kecamatan Bunguran Timur Laut dan Bunguran Utara seperti Pantai Pulau Sahi, Pulau Kambing, Pantai Bamak hingga deretan Pantai di Teluk Buton di Kecamatan Bunguran Utara.

Pulau Senua, terlihat dari Pantai
Lah kan? seperti itu lah penampakan pantai Teluk Selahang yang selalu ramai dikunjungi ini, semoga saja ada kepedulian pemerintah untuk menjadikannya lebih indah, Aamiin.

3 comments: