Wednesday, November 12, 2014

Pantai dan Pulau Sahi, Pantai Menawan di Bunguran Timur Laut

Setelah berkunjung ke Pantai Teluk Selahang, sempatkan memacu kendaraan anda kearah utara. Berjarak kurang lebih 5 km dari Pantai Teluk Selahang, anda akan menemukan satu lagi pantai indah dengan ditemani pulau batu di depannya. Yap, itulah pulau Sahi, yang terletak di Desa Kelanga Kecamatan Bunguran Timur Laut, Natuna.

Pulau Sahi (bahasa orang lokal adalah "Sai") yang berarti toples, begitulah cerita yang terdengar. Pulau ini disebut Pulau Sahi karena memang terlihat seperti Sahi / Serahi / Sai / Toples, bentuknya yang hampir lonjong dengan bagian depan berlubang (goa), mirip seperti toples / serahi terbuka yang tumbang melintang. Ditambah lagi ada semacam pulau kecil yang berada sekitar 10 / 15 meter di belakang pulau ini, seperti penutup toples atau serahi yang semakin menguatkan alasan atas pemberian nama pulau ini. Menurut cerita rakyat, cerita tentang asal usul pulau ini sama seperti cerita rakyat yang terkenal dari Sumatera Barat, yaitu Malin Kundang, hanya saja jika Malin Kundang dikutuk menjadi batu, maka yang ini menjadi Pulau. 

Jika air laut sedang surut, maka pantai akan menyatu dengan pulau sehingga anda bisa pergi kesana dengan berjalan kaki atau membawa sepeda motor. Namun jangan khawatir, jika anda tiba disini saat air pasang anda pun bisa kesana dengan berenang dan bahkan berjalan karena letaknya sekitar 300 meter dari pantai, dengan kedalaman air laut hanya sepingang orang dewasa. Namun anda harus berhati-berhati dengan bebatuan karang yang agak tajam di sekitar pulau.

Pulau Sahi

Gunung Ranai dari Pantai Pulau Sahi



Pantai landai berpasir putih dengan ombak yang cenderung tenang ini juga memungkinkan anda untuk menginap dengan mendirikan tenda. Rasakan sensasi menikmati angin malam di tepian pantai dengan pemandangan indah ini. Jangan lewatkan sunrise dipagi harinya ya. Maka ini akan jadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.



Pulau Senoa dari PAntai Pulau Sahi




Enjoy Natuna.

No comments:

Post a Comment