Sunday, October 15, 2017

Wisata Alam Kutai Kartanegara : Bukit Bangkirai

Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan kabupaten terkaya di Indonesia dengan hasil alamnya yang melimpah. Situs-situs tambang, minyak dan perkebunan hampir sepenuhnya meliputi kabupaten yang memiliki luas hampir 30% dari luas keseluruhan Provinsi Kaltim ini. Sebanding dengan luasnya Kabupaten ini, Kukar juga menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang menakjubkan. Mulai dari wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya. Event tahunan ERAU contohnya, kerap diadakan oleh Pemkab Kukar bekerjasama dengan Kesultanan Kutai Ing Martadipura. Acara budaya tertua itu diadakan setahun sekali dengan level sampai mancanegara.
Bukit Bangkirai
Salah satu tempat rekreasi yang ada di Kukar adalah Bukit Bangkirai. Bukit Bangkirai merupakan wisata alam sekaligus wisata edukasi yang ada di Kabupaten Kukar. Terletak di Kecamatan Samboja, lokasinya lebih dekat dengan Kota Balikpapan, kurang lebih 1 jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini. Dari Kota Balikpapan melaju melewati jalan poros Balikpapan - Samarinda, hingga menemui pertigaan jalan di KM 37. Belok ke kiri, mengikuti jalan dan petunjuk untuk sampai ke lokasi ini.
Peta Taman Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan objek wisata dengan suasana hutan hujan tropis, hutan yang Indonesia banget. Terlebih di Pulau Kalimantan, yang masih menyandang status sebagai paru-paru dunia. Lokasi Bukit Bangkirai berada di tengah-tengah hutan Kalimantan. Memasuki lokasinya kita harus melewati jalan-jalan situs-situs tambang hingga memasuki area milik perusahaan perkebunan Nasional. Taman wisata hutan Bukit Bangkirai didominasi oleh banyaknya pohon Bangkirai yang tumbuh di area seluas 1500 hektar ini, mungkin itu juga sebagai alasan tempat ini diberi nama Bukit Bangkirai.
Taman Bukit Bangkirai
Pohon Bangkirai sendiri bisa tumbuh setinggi 40 - 50 meter, dengan diameter mencapai 2 meter dan bisa berumur hingga 150 tahun lebih. Selain pohon Bangkirai yang terdapai di taman hutan ini, ada bermacam-macam satwa dan tumbuh-tumbuhan, ini yang tadi saya bilang sebagai wisata edukasi. Dengan melihat langsung ke lapangan, biasanya pelajaran akan lebih mudah terserap kan. Selain itu, Bukit Bangkirai ini juga merupakan hutan konservasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah. Dan yang memiliki keunikan sendiri adalah tumbuhnya banir (akar papan) yang besar dan kuat menjadikan pohon Bangkirai terlihat indah.
Pohon Ulin
Yang menjadi ikon dari taman hutan Bukit Bangkirai ini adalah jembatan gantung (Canopy Bridge), yaitu jembatan yang dibuat dengan ketinggian 30-40 meter yang menghubungkan antara 5 pohon Bangkirai. Untuk menuju tempat ini, telah disediakan jalur yang sedikit menanjak, melewati hutan dan dikelilingi pohon-pohon besar ratusan tahun. Di beberapa pohon juga diberi plang nama lengkap dengan nama latinnya. Selama perjalanan, kita ditemani oleh suara-suara alam nan indah, jika beruntung kita bisa melihat satwa-satwa yang hidup dengan bebasnya. Ditengah-tengah perjalanan juga disediakan gubuk untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.
Aneka tumbuhan sepanjang jalur menuju Canopy Bridge
Jembatan gantung ini merupakan tempat untuk uji adrenalin sebenarnya. Untuk menuju ke jembatan ini, kita harus menaiki menara yang terbuat dari kayu ulin yang menempel di pohon Bangkirai, ada dua menara pohon yang dibuat. Bagi yang ada masalah dengan ketinggian, melewati tempat ini merupakan kegiatan spot jantung yang bikin nyawa sudah berada di ubun-ubun. Sebaliknya, jika kita tidak memiliki masalah dengan ketinggian, bisa melewati jembatan ini dengan aman dan tentram sambil menikmati pemandangan hutan hujan tropis alami dari ketinggian di bumi Borneo ini. 
Taman Bangkirai
Canopy Bridge ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia, dan kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat, aman dari segi keamanan dan keselamatan. Saya mecoba melewati jembatan ini, awalnya takut, namun setelah itu hilang, tertutupi oleh decak kagum akan indahnya alam yang terpampang luas di depan saya. Excelent bin amazing bin warbiyasaak!
Canopy Bridge
Selain wahana jembatan yang membuat spot jantung tadi, ada beberapa fasilitas lain yang terdapat di taman hutan Bukit Bangkirai ini. Tempat parkir yang luas, ruangan untuk pertemuan yang muat 100 orang, cafe dan toko souvenir, camping ground, taman anggrek, ada juga homestay dan jungle cabin bagi kita yang ingin menginap dan menikmati tempat ini lebih lama, dan juga terdapat mushala yang adeem banget. Wahana lain adalah arena outbond dan perahu kecil untuk kita bermain di sungai kecil buatan di arena outbond. Masuk ke lokasi ini dikenakan retribusi sebesar total lebih kurang 30.000 rupiah (lupa detailnya), sudah termasuk biaya parkir mobil, biaya masuk dan canopy bridge.
Mushala Nurul Sajaroh, Bukit Bangkirai





Sumber :
http://www.getborneo.com/bukit-bangkirai-kalimantan-timur/
http://www.kutaikartanegara.com/wisata/bukitbangkirai.html

19 comments:

  1. Ternyata Ada juga tempat Wisata Alam di kutai,di Indonesia ini menang banyak Wisata-wisatanya, makasih informasinya ๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen lihat langsung deh gan
    Penasaran ni
    Bw gan https://ucidzgn.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Katanya kabupaten paling kaya y? Jadi pingin berkunjung, dulu bupatinya cantik y kbrnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Rita bupatinya, sekarang non-aktif, sedang ada sedikt masalah. hhe

      Delete
  4. Referensi menarik gan... jadi pengen liburan deh ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  5. Wih dapat referensi buat destinasi wista lagi, melihat dari foto2nya saja wisata alam kutai kartanegara terlihat sangat eksotik sekali min.... Ingin rasanya berlibur kesana... Thanks min atas review wistanya... ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  6. wih bagus juga salam dari lampung

    ReplyDelete
  7. bisa jadi tujuan wisata klo kesana besok trimakasi gan

    ReplyDelete
  8. Diliat dari foto2 nya, kyanya keren nih, sayangnya jauh bget

    ReplyDelete
  9. pengen kesana tapi lumayan jauh juga, apa lagi kalau ada videonya kayaknya lebih bikin orang penasaran

    ReplyDelete
  10. Kalo soal naik bukit/gunung, saya hobi banget dah. Kalo di daerah kalsel hampir semua udah di naikin. Berharap kedepannya bisa ke sini juga dan klo bisa hiking ke banyak bukit/gunung di indonesia๐Ÿ™

    ReplyDelete
  11. Kutai kartanegara ? Jd inget pelajaran smp dlu, ada kerjaan kutai, memang psona alamny yg sgt luar bisa dn menabjubkan utk dikunjugi ;)

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen naik kereta gantung sama pasangan.. :) kalau takut ketinggian tinggal peluk dia :D

    ReplyDelete
  13. blog ini bagus juga kalo dipasangi iklan bidang travel

    ReplyDelete
  14. Destinasi wisata indo juga gak kalah sama negara luar, dengan adanya perhatian dari pemerintah banyak wisatawan manca negara yg datang dan menambah pemasukan negara buat nyicil utang wkwkw

    ReplyDelete
  15. Tempatnya daerah pegunungan ya min? Kayaknya masih asri

    ReplyDelete
  16. Suasana alamnya masih asri banget ya :D
    Aisha jadi ingin berkunjung kesana

    ReplyDelete
  17. Wah bisa jadi tempat tujuan wisata tahun depan ini

    ReplyDelete
  18. Wah bisa jadi tempat tujuan wisata tahun depan ini

    ReplyDelete