Friday, October 12, 2018

Kamu Harus Tau Nih! Natuna Punya "Saudara Kembar" di Seluruh Indonesia, lho!

Tanggal 12 Oktober, setiap tahunnya dimulai dari tahun 1999 akan selalu diperingati sebagai hari jadi kabupaten Natuna, tempat saya berasal. Wilayah Natuna yang sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Riau ini berubah statusnya dari kecamatan menjadi kabupaten sesuai dengan undang-undang no 53 tahun 1999 bersamaan dengan daerah lain di Provinsi Riau seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel dahulu (baca : Saudara Kembar Kabupaten Natuna). Ternyata eh ternyata, tanggal 12 Oktober ini tak hanya diperingati oleh kabupaten / kota yang berada di sekitaran Riau dan Kepri saja. Tanggal 12 Oktober ini juga diperingati sebagai hari lahirnya kabupaten-kota di beberapa tempat. Ternyata Natuna punya banyak "saudara kembar". Jom lah!

1. Kabupaten Bireuen (Nanggroe Aceh Darussalam)
Kabupaten Bireuen merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara. Pemekeran Kabupaten Bireuen berdasarkan atas UU No 48 tahun 1999. Kabupaten Bireuen terkenal dengan julukan Kota Juang. Selain itu Kabupaten yang beribukota di Bireuen ini juga terkenal dengan kulinernya yakni Mie Kocok Geurugok (Gandapura), Rujak Manis dan Bakso Gatok (Kuta Blang), Sate Matang (Peusangan) Bu Sie Itek dan Nagasari (Kota Juang/Bireuen). Ada yang pernah kesini?
www.bireuenkab.go.id/

2. Kabupaten Simeulue (Nanggroe Aceh Darussalam)
Kabupaten selanjutnya masih di lingkup Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Adalah Kabupaten Simeulue namanya. Ibukotanya terletak di Sinabang. Pemekeran Kabupaten Simeulue juga berdasarkan atas UU No 48 tahun 1999 hasil pemekeran dari Kabupaten Aceh Barat. Kabupaten Simeulue merupakan pulau terpisah dari provinsi Aceh sehingga bisa dibilang sebagai pagar laut provinsi Aceh di sebelah barat yang tetap berdiri tegar mengahadang samudera Hindia.
www.simeuluekab.go.id/


3. Kabupaten Tebo (Jambi)
Kabupaten Tebo terbentuk berdasarkan UU no 54 tahun 1999. Ia merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo. Ibukotanya berada di Muara Tebo. Kabupaten ini terletak di tengah-tengah provinsi Jambi sebelah utara, sehingga berbatasan langsung dengan Provinsi Riau di sebelah utara dan provinsi Sumatera Barat di sebelah barat. 
www.tebokab.go.id

4. Kabupaten Landak (Kalimantan Barat)
Kabupaten Landak merupakan kabupaten yang berada dibawah provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini terbentuk berdasarkan UU no 55 tahun 1999 sebagai pemekeran dari Kabupaten Mempawah. Ibukotanya terletak di Ngabang. Nama Landak berasal dari bahasa Belanda, LAN berarti pulau, dan DAK berarti dayak. Ini terlihat dari mayoritas suku yang mendiami kabupaten Landak adalah suku Dayak. Berada di tengah-tengah provinsi Kal-Bar membuat Kabupaten ini tidak memiliki pantai, namun jangan salah, wisata alam air terjun banyak dijumpai di Kabupaten Landak ini. Mau coba?
www.landakkab.go.id/


5. Kota Bontang (Kalimantan Timur)
Kota Bontang merupakan salah satu dari tiga Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Siapa yang tak kenal Bontang. Meskipun kecil namun sudah mendunia. Perusahaan besar penghasil LNG berada di kota ini, perusahaan-perusahaan petrokimia juga banyak berkantor disini, bahkan Bontang memiliki kawasan industri tersendiri yang diberi nama Kaltim Industrial Estate. Selain itu Bontang juga dikenal dengan klub Sepak Bola nya yang bernama Bontang FC (dahulu PKT Bontang), juga Marching Band yang sudah menorehkan prestasi dimana-mana hingga pernah dibuatkan film dengan salah satu bintangnya adalah Titi Rajo Bintang. Sebelum menjadi Kota yang ditetapkan atas dasar UU no 47 tahun 1999, Bontang dahulu merupakan desa kecil, yang berkembang menjadi kecamatan, hingga kota administratif yang berada di bawah Kabupaten Kutai. Meskipun terkenal dengan kota Industri. Bontang juga dikenal dengan kuliner dan wisatanya, coba menikmati pantai Beras Basah dengan kuliner ikan bawis sambal gami. Maknyosss!
www.bontangkota.go.id/

6. Kabupaten Kutai Timur (Kalimantan Timur)
Kabupaten Kutai Timur merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai berdasarkan UU no 47 tahun 1999. Ia merupakan kabupaten dengan wilayah luas di provinsi Kalimantan Timur, persentasi luas wilayahnya adal 17% dari luas provinsi Kalimantan Timur. Ibukotanya berada di Sangatta. Kabupaten Kutai timur juga merupakan markas beberapa perusahaan besar di bidang tambang dan migas. Setidaknya ada Kaltim Prima Coal dan Pertamina EP Asset 5 yang bermarkas di Kabupaten ini.
www.kutaitimurkab.go.id/


7. Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara)
Dahulu Kabupaten Nunukan merupakan bagian dari Kabupaten Bulungan. Mekar menjadi daerah otonom tersendiri berdasarkan pada UU no 47 tahun 1999. Saat terbentuk menjadi Kabupaten, Nunukan berada di bawah Provinsi Kalimantan Timur, pada tahun 2013 seiring berkembangnya waktu, dengan pemekaran Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Nunukan berada di bawah pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Sebagian besar wilayah kabupaten Nunukan berada di pulau Kalimantan, sementara ibukota Kabupaten berada di pulau Nunukan yang terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia (Sabah). 
www.nunukankab.go.id/

8. Kabupaten Malinau (Kalimantan Utara)
Sebagian besar wilayah Kabupaten Malinau juga diberikan kepada Kabupaten yang baru dimekarkan bernama Kabupaten Malinau. "Pemberian" ini berdasarkan UU no 47 tahun 1999. Kabupaten Malinau merupakan kabupaten perbatasan. Ia merupakan kabupaten yang terletak di bagian paling barat dari Provinsi Kalimantan Utara, serta berbatasan langsung dengan Malaysia (Serawak). Ibukotanya terletak di Malinau.
www.malinau.go.id/

9. Kabupaten Boalemo (Gorontalo)
Kabupaten yang beribukota di Tilamuta ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Gorontalo berdasarkan UU no 50 tahun 1999. Boalemo pada zaman dahulu merupakan sebuah Kerajaan hingga Belanda datang dan merubah sistem pemerintahan. Berbatasan langsung dengan Teluk Tomini di sebelah selatan membuat Kabupaten Boalemo memiliki panorama alam wisata yang menakjubkan. 
www.boalemokab.go.id/

10. Kabupaten Buol (Sulawesi Tengah)
Kabupaten Buol terbentuk berdasarkan UU no 51 tahun 1999. Dahulu kabupaten yang beribukota di Buol ini merupakan bagian dari Kabupaten Buol Toli Toli. Kabupaten yang merupakan kabupaten paling ujung timur Sulawesi Tengah ini berbatasan langsung dengan laut Sulawesi di sebelah utara dan Provinsi Gorontalo di sebelah timur.
www.buolkab.go.id/

11. Kabupaten Buru (Maluku)
Kabupaten Buru terletak di Pulau Buru provinsi Maluku. Ibukotanya terletak di Namlea. Undang-undang no 46 tahun 1999 "memerintahkan" pemekaran Kabupaten Buru dari Kabupaten Maluku Tengah. Berada di gugusan kepulauan Maluku membuat Kabupaten Buru memiliki panorama alam yang indah. Coba nikmati danau Rana dan pantai merha putihnya, jangan lupa ke kawasan mangrove Teluk Kayeli ya.
www.burukab.go.id/


Nah itu tadi profil singkat Kabupaten/Kota saudara-saudara Natuna. Lahir di tanggal yang sama namun beda dasar saja. Hhe. Dirgahayu kabupaten/kota yang lahir tanggal 12 Oktober 1999. Terus maju dan berkembang.

5 comments:

  1. nggak tahu ya dari dulu pengen banget ke simelu karena keindahan pantai dan lautnya luar biasa, tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  2. Oh wow... banyak juga ternyata sodara sepertanggalan Natuna ini. Aceh paling banyak yak..

    ReplyDelete
  3. Wow baru tahu lho.... Info yang super deh

    ReplyDelete