Saturday, September 15, 2018

Mengeksplor Taman-Taman Kota di Bumi Paguntaka, Tarakan

Tarakan sebagai sebuah kota memang perlahan mulai "mempermak" dirinya menjadi kota yang nyaman dihuni. Salah satu nya adalah pengadaan taman-taman kota. Taman kota memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari ekologis dan fungsi Sosial.

Fungsi ekologis taman kota diantaranya adalah sebagai paru-paru kota, peredam kebisingan, hingga memfilter asap kendaraan. Sedangkan fungsi sosial adalah taman kota merupakan tempat komunikasi sosial, biasanya komunitas-komunitas mengadakan kopdarnya di taman-taman kota, berfungsi juga sebagai sarana rekreasi dan olahraga, serta sebagai landmark bahkan ikon dari sebuah kota tersebut.
Taman-taman di Tarakan
Nah, Kota Tarakan memiliki banyak Taman Kota yang tersebar di berbagai tempat. Saya yang masih baru di bumi Paguntaka ini, ingin coba mengeksplor taman-taman kota tersebut. Setidaknya ada delapan taman kota yang akan saya jelaskan dalam tulisan ini. Kuy!

1. Taman Tugu 99 
Taman Tugu 99 merupakan taman yang terletak di dekat bandara internasional Juwata Tarakan, di jalan utama Mulawarman. -map-. Taman ini kerap dijadikan tempat untuk arena joging ketika pagi dan sore hari bagi warga. Lokasinya yang berada di dekat bandara merupakan nilai tambah bagi taman Tugu 99. 
Taman Tugu 99
Biasanya warga memakirkan motor di taman, lalu joging hingga ke bandara. Di Taman ini terdapat 6 monumen yang memiliki arti masing-masing. Monumen / tugu utama berada di tengah-tengah taman, sedangkan lima tugu lagi berada di tepi. Lima tugu tersebut merupakan kumpulan dari beberapa penghargaan yang diterima oleh Kota Tarakan. Mulai dari E-Government Award, Otonomi Warad, Kalpataru, Karya Pengelola Kota, hingga Adipura.

2. Taman Tugu PKK
Taman Tugu PKK
Sssstt, sebenarnya saya tidak tahu pasti dengan nama taman yang terletak tepat di seberang Bank Indonesia ini. Namun karena di depannya dipasang 10 peraturan PKK, maka saya menyebutnya dengan Tugu PKK. Ia terletak di jalan Mulawarman. -map-. Taman kecil ini juga kerap dikunjungi warga sambil santai menghitung kendaraan yang lewat di jalan. 😆 Di taman ini terdapat patung beberapa ekor Bekantan yang sedang memanjat batang pohon. Bekantan merupakan binatang khas Kalimantan yang dilindungi.

3. Taman Berlabuh
Taman Berlabuh terletak di jalan Yos Sudarso, daerah Lingkas Ujung Tarakan. -map-. Berhadapan langsung dengan laut merupakan keunggulan taman ini, saat siang hingga sore, taman ini merupakan tempat yang pas untuk dikunjungi sambil merefresh fikiran dengan melihat kapal-kapal yang berseliweran di laut Tarakan. 
Taman Berlabuh
Pemandangan sunset ditambah lalu lalang kapal juga sangat indah dipandang dari Taman Berlabuh ini. Saat malam, terlebih diakhir pekan, taman ini menjelma seperti alun-alun kota yang ramai dikunjungi warga. Berbagai macam acara rakyat kerap berpusat di taman ini, disamping itu banyak pula orang yang berjualan, dan menyediakan fasilitas-fasilitas bermain bagi anak-anak.

4. Taman Oval Lingkas
Taman Oval Lingkas
Taman ini terletak di Lingkas Ujung, tepat di depan pintu masuk pelabuhan PT. Pelindo Tarakan. -map-. Taman ini tak begitu besar dan berada di tengah-tengah jalan raya yang lumayan sibuk dan ramai karena letaknya di dekat pelabuhan. Salah satu keunikan taman ini adalah adanya tugu peringatan datangnya tentara Australia saat perang dunia ke 2 terjadi. Tugu kecil yang terletak di tengah taman itu menceritakan bagaiman tentara Australia masuk ke wilayah Kalimantan, Tarakan khususnya.

5. Taman Oval Markoni
Taman Oval Markoni
Ini merupakan taman publik yang terletak di daerah Markoni dalam. -map-. Taman ini memiliki pendopo di tengah-tengah dan sering mendapat "kunjungan" dari mahasiswa-mahasiswi karena fasilitas Wi-Fi gratis yang ada di sana. Ukuran taman tak terlalu besar, namun terkesan asri dan tenang, karena letaknya berada di dalam perumahan yang jauh dari keramaian jalan raya. Saat malam, di taman ini banyak yang berjualan, bikin nongkrong dan "berburu" Wi-Fi jadi semakin asyik.

6. Taman Bertuah
Taman Bertuah
Taman Bertuah terletak di dekat kantor Pertamina EP Tarakan Field. -map-. Beberapa kali saya lewati tempat ini belum pernah terlihat ramai, padahal taman juga tertata dengan indah dan juga terletak di tepi sungai. Di seberang taman ada rumah adat Baloy yang dikelola oleh Pemerintah. Rumah Adat Baloy merupakan rumah adat tradisional Suku Tidung, suku asli yang mendiami Tarakan. Letak yang strategis ternyata tak menjamin ramainya pengunjung di taman yang dihiasi beberapa tanaman indah ini. Pompa angguk (Sucker Rod) dan bekas menara perminyakan (Derrick) yang sudah tak terpakai juga dipajang disini, seakan ingin menegaskan bahwa Tarakan merupakan kota yang kaya minyak.

7. Taman Oval Ladang
Taman Oval Ladang
Taman ini terletak di komplek perumahan karyawan Pertamina, Polisi dan TNI AL. -map-. Tamannya juga tak begitu besar namun tetap asri dan sangat cocok sebagai tempat ngadem dan beristirahat karena jauh dari jalan raya dan lalu lintas yang tak terlalu ramai. Ada kursi dan meja serta stop kontak yang tersedia di taman bagi yang ingin bekerja atau mengerjakan tugas kuliah. Sama seperti Taman Oval Markoni, saat malam taman Oval Ladang banyak dikunjungi oleh warga yang sekedar nongkrong dan berkumpul-kumpul sambil makan dan minum yang ada dijual disana.

8. Taman Berkampung
Taman ini terletak di komplek Islamic Center Tarakan di Kampung Empat. -map-. Ini merupakan taman kota terluas di Tarakan. Seperti alun-alun nya deh. Taman yang luas ini kerap digunakan untuk acara-acara penting, salah satunya adalah upacara peringatan 17 Agustus, bahkan beberapa waktu yang lalu, tari masal Go Mu Fa Mi Re yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke 73 juga dilaksanakan di taman ini. 
Taman Berkampung
Saat sore, taman ini merupakan tempat berkumpul warga, ada yang sekedar santai, olahraga, dan berwisata. Saat malam hari, tempat ini menjadi arena bermain dan wisata kuliner, banyak odong-odong yang dihiasi lampu warna-warni dan aneka kuliner juga tersedia di tempat ini. Di sekitar Taman Berkampung ini, terdapat perpustakaan daerah, gedung serbaguna KNPI, museum Sejarah, hingga Masjid Agung Baitul Izzah Tarakan yang melengkapi keindahan tempat ini. Jadi selain bersantai di taman, kita juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di sekitaran taman.

-------

Nah, itu tadi sekilas penjelasan tentang taman-taman yang di Kota Tarakan. Sebagian taman seperti kurang mendapat perhatian. Ditandai dengan rumput-rumput yang sudah memanjang, serta fasilitas taman yang terkesan kurang terawat, seperti lampu, pot, dan tong sampah. Ada baiknya sinergi warga dan pemerintah diperlukan untuk saling menjaga dan memperindah taman ini, sesuai dengan tslogan kota Tarakan yaitu BAIS (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Serasi), serta tujuan Tarakan yang ingin menjadi Singapore nya Indonesia.

11 comments:

  1. semoga taman2 kota di tarakan tetap terawat agar fungsi2nya terlaksana

    ReplyDelete
  2. Rumah adat Baloy itu seperti apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah Adat Tradisional Suku Tidung, sekilasnya bisa dilihat disini : https://naldoleum.blogspot.com/2017/05/tarakan-kaltara-awesome-one-day-trip.html

      Next mungkin akan saya ulas tersendiri.
      Insya Allah.

      Delete
  3. Keren banget ya, Tarakan udah banyak tamannya. Batam baru satu dua aja. Semoga makin bertambah.

    ReplyDelete
  4. sepertinya aku pernah ke tarakan cuma lewat lewat aja jadi nggak banyak ekplore

    ReplyDelete
  5. Taman tugu PKK terlihat paling cantik meurutku, mungkin yang ngerawat langsung dari ibu pkk mungkin yahhh...

    ReplyDelete
  6. Terakhir aku ke sana waktu aku masih SMP dan sekarang sudah banyak sekali perubahannya dan semoga selalu terawat

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Tarakan, tapi punya beberapa teman di sana. Btw itu taman oval artinya apa ya? kok banyak nama2 tamannya taman oval?

    If God will, saya pasti berkunjung ke sini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman Oval, sepertinya berarti taman yang berada di tengah2 jalan raya / yang bisa dikelilingi..
      Begitulah seperti nya kak.

      Ohya, blogger juga kah temennya?
      Lagi nyari komunitas blogger di Tarakan ni..
      Belum ketemu

      Delete
  8. Waaah, banyak taman ya. Coba aja di Batam banyak taman kota kayak gini ya.

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah bangga banget aku lihat taman taman di tarakan ini

    ReplyDelete