Tuesday, July 3, 2018

Pantai Kemala, Pantai Kecil di Tengah Kota Minyak

Letih setelah bekerja semingguan, dan ingin mencari tempat rekreasi namun tak ingin jauh-jauh? Nah Balikpapan punya satu tempat yang pas untuk menghabiskan saat akhir pekan dan tak perlu jauh berkendara berjam-jam. Meski dikenal sebagai kota industri, Balikpapan juga memiliki tempat-tempat wisata yang mudah dijangkau dan terletak disekitaran kota.
Wall of fame Kemala Beach
Pantai Kemala salah satunya. Pantai ini juga biasa disebut dengan Pantai Polda, karena letaknya berada di belakang rumah dinas kepolisian daerah Kalimantan Timur di Balikpapan. Tidak sulit menemukan tempat ini, banyak angkutan umum yang melewati rute ini jika kita tidak membawa kendaraan, dari kota kita jalan menuju lapangan merdeka, lalu di sebelah kiri jalan, tepatnya setelah Rumah Sakit Bhayangkara ada jalan masuk menuju pantai ini. Biaya masuknya adalah (jika belum berubah) 3.000 untuk roda empat, 2.000 untuk roda dua, dan 1.000 rupiah untuk pejalan kaki.
Letaknya yang berada di pusat kota dan mudah dijangkau ini membuat Pantai Kemala jadi pilihan warga untuk menikmati akhir pekan bersama rekan maupun keluarga. Pantai Kemala merupakan salah satu dari sekian pantai yang ada di Teluk Balikpapan, tak jauh dari pantai ini, ada Pantai Monpera di dekat Monumen Perjuangan Rakyat, lalu ada juga pantai Patra Melawai, Pantai Banua Patra, dan Pantai Melawai, pantai-pantai ini terletak berderet dan dipisah oleh pintu masuk saja.
Pantai Kemala
Sama seperti pantai-pantai yang sudah disebutkan diatas, pantai Kemala memiliki pasir putih nan landai, seperti Kuta nya Bali deh, namun dalam skala kecil. Di Pantai Kemala ini tersedia fasilitas-fasilitas pendukung seperti cafe, tempat bilas, dan mushala. Ombak laut teluk Balikpapan juga tak begitu besar sehingga aman untuk anak-anak kecil yang berenang, namun harus tetap dalam pengawasan orang tua. Pantai Kemala juga buka sampai malam, jadi mau seharian disini menikmati pantai hingga menikmati angin laut di malam hari tidak masalah.
Kami pergi kesana saat siang, udara cerah berlangit biru sambil menikmati angin laut Balikpapan. Laut biru beserta rig-rig pengeboran dan produksi lepas pantai menghiasi pemandangan siang ini. Kapal-kapal tanker dan tongkang pengangkut batu bara juga terlihat lalu lalang dari sini. Bersantai menikmati segelas es kelapa dan sepiring roti bakar merupakan salah satu cara melepaskan kepenatan setelah semingguan bekerja, yeey hai..
Saat malam, angin laut berhembus sedikit lebih kencang, jangan lupa bawa jaket atau kita akan pulang dengan pilek melanda. Malam hari di pantai Kemala juga tak kalah romantis, lampu-lampu cafe menghiasi pantai, deburan ombak dan semilir angin melengkapi nyamannya bersantai di pantai Kemala saat malam hari, jangan lupa pesan tom yam dan thai tea sebagai pelengkap bersantai di sini. Ohya, ada peraturan disini, jangan bawa makanan dan minuman dari luar, nanti kena denda.

Yuk mampirr. :D

12 comments:

  1. Wah banyak juga ya pantai di Balikpapan. Baru pertama kali baca nama-nama pantainya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, lumayan banyak yang di sekitaran Kota.
      Pernah mampir salah satunya?

      Delete
  2. Kelihatannya pantanyai bersih dan masih asri, cuma liat preview dari mas ryannaldo saja sudah terdengar suara ombak yang bisa dinikmati pas senja. Sayang, dikotaku wisata kaya gini gak ada pantainya kotor airnya keruh, banyak oknum nelayan yang suka buang sampah ke laut :'(

    ReplyDelete
  3. Pantai yang sangat cocok buat liburan, pantai yang sangat recommended, andai bisa liburan kesana

    Makasih atas ulasannya 👌

    ReplyDelete
  4. Artikel yg bagus jadi kangen sama pantai dan kebetulan dah lama tidak mantai.

    ReplyDelete
  5. Ehh...es degannya kok menggoda ya 😂

    ReplyDelete
  6. Ehh...es degannya kok menggoda ya 😂

    ReplyDelete
  7. Ini sebenarnya pasirnoantainya warna itam atau putih sih?
    Kalau kebanyakan yg saya tau, pantai di Balikpapan itu pasirnya itam.

    ReplyDelete
  8. Saran gan coba di bikin sebuah puisi tentang pantai tersebut pasti menarik

    ReplyDelete
  9. Bisa juga ditambah keterangan ttg fasilitas dan harga akomodasinya gan. Nice

    ReplyDelete
  10. " Peraturan disini, jangan bawa makanan dan minuman dari luar, nanti kena denda ". Harusnya di semua pariwisata pantai diterapkan seperti ini kali ya,biar terjadi simbiosis dan terjaga kebersihannya :D

    ReplyDelete