Wednesday, June 20, 2018

Sekejap di Pulau Akar, "Bikini Bottom" nya Natuna

Setelah seringnya didatangi beberapa tokoh Nasional dalam beberapa waktu terakhir ini. Natuna akhirnya mulai memoles diri. Sektor-sektor potensial mulai dikembangkan termasuk pariwisata. Hampir semua tempat yang berpotensi wisata mulai dikembangkan, baik oleh pemda, kecamatan, bahkan sampai komunitas sekalipun. 
Welcome to Pulau Akar
Salah satunya adalah Pulau Akar yang terletak di Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan. Terakhir saya datang kesini, akses menuju kesana pun boleh dibilang sulit karena kita harus menyeberangi laut yang penuh bebatuan. Namun kini, hanya dengan berjalan kaki dari pelabuhan tanpa ada acara singsingkan celana kita sudah bisa mencapai pulau mungil ini. 
Pulau Akar
Pulau Akar terletak tak begitu jauh dari pantai Cemaga, hanya berjarak sekitar 150 meter saja.  Sekarang kita bisa kesana melalui dermaga / pelabuhan yang langsung tersambung dengan pulau. Sudah banyak yang berubah dengan pulau mungil yang kisaran luasnya sekitar 50 meter persegi ini, ada tambahan 2 buah gazebo di bagian sisi pulau, lalu ada anjungan disisi lainnya, pas untuk mengabadikan momen. Disebelahnya ada tulisan besar "Welcome to Pulau Akar".
Gazebo Pulau Akar
Pulau ini disebut pulau Akar karena jika dilihat dari jauh, tumbuhan yang tumbuh di pulau ini menyerupai akar serabut yang acak-acakan. Disisi lain, agar terlihat lebih gaul dan "mengena", pulau ini kami sebut dengan Bikini Bottom Natuna, karena pulau kecil ini ditumbuhi oleh 2 pohon kelapa yang tinggi menjulang, sama seperti pulau kecil pada serial animasi Sponge Bob Square Pants. Unik. 
Pulau Jantai terlihat dari Pulau Akar
Menuju pulau ini juga sangat mudah, dari kota Ranai menuju Desa Cemaga ke arah selatan menyisiri pesisir pantai. Sekitar 30 menit berkendara. Setelah sampai di Desa Cemaga, segera menuju pelabuhan untuk segera bisa menuju pulau, tanpa ada pungutan biaya, asalkan jaga kebersihan ya. 
Pulau Kemudi dari Pulau Akar
Saya mendatangi pulau ini dengan istri, sore hari. Cuaca yang cerah sangat pas untuk mengabadikan momen-momen yang instagramable. Air laut jernih di sepanjang  jalan pelabuhan serta "penampakan" ikan-ikan kecil dan biota laut lainnya menemani sore yang indah ini. Dan ternyata pengunjung lumayan ramai, sehingga saya kesulitan untuk mengambil gambar-gambar disekitaran pulau. Bahkan ada yang berkemah di pulau ini, terlihat dari bekas api unggun yang sudah padam. Sepertinya asyik, bermalam di pulau sambil mancing yak. Beberapa pengunung datang dengan membawa bekal, beberapa yang lain ada yang memancing disekitaran pulau. Pemandangan laut dan 2 pulau (Pulau Kemudi dan Pulau Jantai) di depan pulau ini juga melengkapi santainya kita di pulau akar ini.

So... kapan giliran mampir? 😍

18 comments:

  1. wahhh, boleh juga tuh gan pulau akar, buat opsi destinasi liburan di akhir pekan... :)

    ReplyDelete
  2. Wahh mantap gan, jadi kepengen berkunjung ke bikini botom nya natuna

    ReplyDelete
  3. Mantap memang pulau akar ini gan... saya pernah berkunjung tapi berkunjung di vlog youtubenya temen wkwkwk .. bikin ngiler itu pulau memang

    ReplyDelete
  4. Waaahh pengen nih mampir.. Tp berapaan yaah biayanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biayanya lumayan. hhe
      Tergantung lokasi keberangkatan.

      Delete
  5. indonesiaku ternyata punya banyak pulau yang indah,Mantap deh infonya gan.

    ReplyDelete
  6. bagus pemandangannya..
    Andai disini ada tempat seperti itu ?
    Hopelly

    ReplyDelete
  7. Saya ga peduli lokasi instagramable ato engga, yg penting temlatnya masih asri.

    ReplyDelete
  8. Hhmmm..liburan ne mo coba kesana sama teman_teman mngkin seru

    ReplyDelete
  9. inilah indonesia dengan segala kekayaan alamnya dan dapat memanjakan mata siapa saja

    ReplyDelete
  10. Emang semuanya indah yang ada di blog agan ini....tpi sayangnya saya cuman bisa menikmati dari tulisan agan ini

    ReplyDelete