Friday, June 22, 2018

Menikmati Malam di Pondok Batu Madu

Batu Madu merupakan tempat wisata baru yang ada di kabupaten Natuna, mulai dikembangkan oleh pemiliknya pada tahun 2014. Kini perlahan-lahan menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat Natuna. Banyak warga yang memilih tempat ini sebagai arena rekreasi diakhir pekan, bahkan beberapa instansi memilih Batu Madu sebagai tempat untuk outing class / outbond. Pantai ini banyak dipilih karena memiliki laut yang tenang dengan ombak yang tak terlalu besar. Cocok bagi anak-anak untuk berenang, namun harus tetap dalam pengawasan orang tua. Di Pantai Batu Madu ini juga merupakan muara sungai kecil yang ada di desa tersebut. Rasakan sensasi pertemuan dua air ini ketika berenang dipantai Batu Madu.


Pengelola Batu Madu, sumber : instagram.
Pantai Batu Madu dikelola oleh rekan dan sahabat saya, Eka Harmansyah namanya, biasa juga dipanggil bang Gondo. Ia dan keluarganya mulai mengelola tempat ini beberapa tahun silam setelah melihat potensi wisata yang bisa dikembangkan di dalamnya. Perlahan tapi pasti Batu Madu "dipermak" sedemikian rupa agar menjadi tempat wisata baru masyarakat Natuna. Salah satunya adalah penambahan fasilitas-fasilitas penunjang wisata, seperti penyewaan ban pelampung, sepeda air, sampan kecil, dan penambahan spot-spot foto agar lebih instagramable, juga arena memanah.

baca : Batu Madu, Objek Wisata yang Tengah Naik Daun di Natuna
Batu Kuoun (kiri), Batu Madu (Kanan) saat sunrise.
Saat mudik lebaran kemarin, kami ditawarkan untuk menginap di rumahnya di Batu Madu ini, juga bersama teman-teman lain. Menikmati malam di pantai Batu Madu ternyata asyik juga, bakar-bakaran adalah acara utamanya. Ikan, sosis dan sambal pedek mangga merupakan menu ternikmat sambil berkumpul dengan sahabat. 
Mana lagi nikmat yang hendak kau dustakan??
Malam ini kami juga mengecek "beliet", saya tidak tahu apa bahasa Indonesia nya. Ia merupakan perangkap ikan yang dibuat dengan cara menancapkan kayu dan jaring di laut sehingga ikan-ikan terperangkap di dalamnya dan tak bisa keluar. Seperti keramba ikan gitu deh. Mengecek beliet dilakukan saat air laut sedang surut agar lebih mudah dalam menangkap ikan yang terperangkap. Ada beberapa ikan yang terperangkap di beliet Eka, dan alamat jadi lauk esok hari nih. 
"Jungkong"

Sunsrise Batu Madu
Saat pagi pun tak kalah epic, sebelum matahari terbit, kami bermain sampan kecil yang dibuat dari drum air bekas. Kami biasa menyebutnya jungkong. Berjungkong ria sambil menunggu terbitnya matahari merupakan pengalaman indah pelengkap mudik kali ini. Dari Batu Madu, matahari terbit terlihat diantara selah-selah bebatuan di Batu Kuoun. Perlahan tapi pasti sang surya merangkak naik, gelap malamnya berganti jingga yang menghiasi cakrawala fajar. Kami menikmatinya dengan cara berbeda, di tengah laut, di atas jungkong.


Setelah puas bermain sampan dan berenang, cacing di perutpun mulai demo dan meradang. Alhamdulillah sarapan sudah disiapkan, nasi goreng ala-ala ditambah dengan sosis sisa tadi malam. Terlihat biasa, namun momennya yang istimewa. Kapan lagi coba, menikmati hidup ala nelayan, malam ngecek ikan, pagi bersampan dan berenang ditambah nasi goreng yang enak tenan. Ini merupakan konsep paket wisata yang akan ditawarkan di Batu Madu. Mumpung masih percobaan, nikmati dulu dengan gratis. hhe
maka, nikmat Tuhan mu mana lagi yang kamu dustakan?


22 comments:

  1. keren kalilah Natuna ini, semoga bisa segera main kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhehe,
      Ayuk bang, mampir main kesini... :D

      Sambil koreksi2 tulisan ku juga ya bang.

      Delete
  2. Berangkat gan brangkat, hehe mantap gan

    ReplyDelete
  3. Berangkat..berangkat.. tapi w ndak punya uang wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Wuih tempatnya bagus. Coba ah kapan2 ke sana

    ReplyDelete
  5. Indah nian panoramanya,bang..
    Kapan-kapan berkunjung kesana n guide saya y,bang..
    Hehehe

    ReplyDelete
  6. Pemandangannya + tempatnya bagus2, bisa jadi plannig nih buat kesana

    ReplyDelete
  7. wow makin keren aja :)
    setelah puas berlibur juga di sediakan tempat untuk membeli makanan .
    makananya pun sangatlah enak dan harganyapun sangat murah

    ReplyDelete
  8. Pengen kesana cuma jauh dari lokasi ane gan 😂

    ReplyDelete
  9. Maa syaa Allah.. Keindahan indonesia.

    Kunbal gan di gambarkataindo.blogspot.com

    By aksa

    ReplyDelete