Thursday, February 18, 2016

Balikpapan, First Destination : Monumen Perjuangan Rakyat

Hari ini merupakan hari pergantian tahun untuk kalender masehi, boleh dibilang tidak ada yang istimewa dihari ini. Hanya saja saya sudah membuat janji dengan teman kantor untuk jalan-jalan mengitari Balikpapan, sekalian jadi guide perjalanan. Mumpung libur, mumpung bos sedang cuti, dan mumpung mobil kantor dititipkan ke saya. #serbamumpung.
Makodam VI/ Mlw di seberang Monpera
Hari ini tujuan pertama adalah Tugu Monpera atau yang lebih dikenal dengan Monumen Perjuangan Rakyat. Monumen ini terletak tepat di depan Markas Komando Daerah Militer VI Mulawarman dan berhadapan langsung dengan laut. Masih terletak di pusat Kota Balikpapan. Letak Monpera ini berada di tepi jalan raya sehingga tidak sulit untuk menemukannya, untuk mencapainya bisa dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum (angkot... Eh "taxi" dengan jalur 6 denk, dengan biaya kisaran 3000 - 5000 saja).
Monumen Perjuangan Rakyat
Saat tiba di sana, lokasi ini sedang ramai dikunjungi, berhubung karena hari libur tahun baru kali ya. Saat masuk, kita akan dikenakan biaya retribusi, 5000 untuk kendaraan roda empat dan gratis jika anda tidak membawa kendaraan. Banyak yang sedang bersantai, berkumpul bersama keluarga, komunitas, dan ada juga yang bermain-main di pantai (yang juga bernama pantai Monpera), #serbamonpera. Ada juga muda-mudi yang sedang memadu kasih (anak jaman sekarang), juga tak ketinggalan para fotogenic yang apa-apa difoto.
Pantai Monpera

Monumen Perjuangan Rakyat merupakan monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan Rakyat Kalimantan Timur pada masa penjajahan dulu. Diresmikan pada hari kamis, 16 November 1995 oleh Panglima ABRI, Feisal Tanjung. Monumen yang memiliki tinggi sekitar 20 meter ini dibangun untuk memperingati dua kejadian bersejarah, yakni penghalangan masyarakat balikpapan atas kedatangan pasukan belanda yang tiba di daerah pantai klandasan ilir yang memakan banyak para korban bangsa belanda dan masyarakat balikpapan. 

Dan yang kedua, telah terjadi pembantaian massal oleh jepang terhadap serdadu belanda untuk memperebutkan sumur mathilda dimana pembantaian tersebut menewaskan kurang lebih 80 serdadu belanda beserta jendralnya. Selepas peperangan, sumur Mathilda direbut kembali oleh masyarakat Balikpapan. Dari peristiwa ini, maka dibangunlah monumen ukiran batu dengan bentuk tentara Indonesia bersama masyarakat Balikpapan mendirikan bendera merah putih yang melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan.

Monumen ini merupakan landmark kota dan menjadi ikon Kota Balikpapan (selain Beruang Madu). Monumen dan taman yang terletak di tengah-tengah Kota Balikpapan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat tempat ini selau menjadi pilihan pengunjung, terlebih lagi muda-mudi, komunitas-komunitas bahkan kumpul keluarga.

Taman Monpera boleh dibilang taman yang bersih, terdapat pohon-pohon rindang, dan beberapa kursi taman. Jangan takut kelaparan jika lupa membawa bekal, karena disini terdapat restoran dengan hidangan seafoodnya yang khas, dan tentu ada juga mas-mas dan mbak-mbak penjual jajanan ringan. Tinggal siapin duit aja deh.
Monumen dan Taman Monpera
Saya hanya berjalan sebentar mengitari monumen dan istirahat sebentar di depan tugu nya, sebuah tempat semacam panggung di tepi pantai. Sambil melihat laut, jadi baper kangen kampung halaman. Setelah saya mencari tau lewat mbah gugel tentang tempat ini, ternyata tempat ini juga merupakan spot yang bagus untuk mengabadikan momen sunset. Hanya saja waktu yang terbatas membuat saya tidak bisa berlama-lama disana, masih ada beberapa tujuan lain.





Sumber :
https://id.wikipedia.org
http://bblogger.web.id/sejarah-yang-terlupakan/
http://portalbalikpapan.com/pantai-monpera-balikpapan/
http://www.travellers.web.id/indonesia/east-kalimantan/monpera-beach-and-monument/

26 comments:

  1. ikon Kota Balikpapan Monumen Perjuangandestinasi kota sendiri yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, monpera merupakan salah satu ikon nya Balikpapan.

      Delete
  2. Kota sangat indah, semoga ane bisa singgah ke sana lain kesempatan

    ReplyDelete
  3. Inspiratif banget ni blog.... Pembahasan tentang seputar perjalanan yg d tulis d dalam artikel membuat pembaca jadi ikutan berimajinasi seolah berada d lokasi kejadian hehhee mantap

    ReplyDelete
  4. Inspiratif, jadi pengen buat blog yang berniche serupa

    ReplyDelete
  5. Ya di balikpapan terdapat banyak destinasi wisata yang keren. ane baru 1 kali ke balikpapan😭 jdi pengen lagi

    ReplyDelete
  6. Rasanya memang kalau travelling di Indonesia, seberapa banyak pun waktu, akan terasa kurang. Aksesnya sendiri meski kadang susah, akan jadi tantangan tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALlah karuaniakan Indonesia banyak tempat yang indah.
      dan kita harus merawatnya dg baik...

      Delete
  7. wah manteo nih,bisa buat referensi liburan.. soalnya beberapa waktu belakangan rada pengin liburan ke kalimantan

    ReplyDelete
  8. Balikpapan jauh hm mau kesana uang gaada, main kesini aja bang naldo ke surabaya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah waktu kuliah gak sampe Surabaya.
      hikshikssss

      Delete
  9. Destinasi yg bgus klw nnti ke balikpapan.. Next destinasi yg alam alam gtu. Hehe

    ReplyDelete
  10. Balikpapan, salah satu kota wisata di Kalimantan yang pengen aku kunjungi

    ReplyDelete
  11. jadi pengen liburan nih ke balikpapan

    ReplyDelete
  12. Monumen Perjuangan Rakyat tinggi juga 20 meter..

    ReplyDelete
  13. Baca artikelnya naldo jadi pngen piknik ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkw.
      piknik merupakan selingan biar gak gila. hha

      Delete
  14. wuih..
    ada pantainya juga..
    keren sangat,gan..
    Semoga pas saya cuti bisa berkunjung ksana.

    ReplyDelete