Monday, December 28, 2015

Wisata Kota Tua : Museum Bank Mandiri

Masih mengeksplor Kawasan Kota Tua, kali ini tujuannya adalah Museum Bank Mandiri. Sebenarnya saya kesini sudah lama banget, tapi baru bisa posting saat ini, gak papa lah ya. ya iya lah blog blog gue. -_-
Museum Bank Mandiri
Museum ini terletak tepat diseberang halte Busway Jakarta Kota. Bangunan museum pada mulanya adalah kantor Nederlandsch Handel-Maatschappij (NHM) atau Netherlands Trading Corporation alias Maskapai Dagang Belanda. Kantor pusat NHM berada di Amsterdam, sedangkan Batavia (Jakarta) adalah kantor cabang. Akses menuju museum ini tidaklah sulit, naik busway koridor 1 dengan biaya 3.500 atau naik comutter line tujuan Jakarta Kota dengan biaya 2.000 saja kita sudah bisa sampai ke museum ini. 


Komputer Jadul
Museum Bank Mandiri merupakan bangunan cagar budaya yang menempati area seluas 1.039 m². Pada awalnya, gedung yang dibangun tahun 1929 dengan gaya arsitektur Neiuw-Zakelijk ini merupakan bangunan yang digunakan untuk kantor Nederlandsche Handel Maatschappij NV di Batavia. NHM Batavia dikenal dengan sebutan Factorij atau factory dalam bahasa Inggris yang berarti agen dagang di negara asing. Setelah Indonesia merdeka, NHM dinasionalisasi (1960), kemudian berkembang menjadi Bank Exim dengan kantor pusat di Gedung Factorij. Bank Exim kemudian bergabung kedalam Bank Mandiri (1999). Sejak 2005 Gedung Factorij difungsikan sebagai Museum Mandiri.
ATM Jadul
Mesin Pemotong
Saat masuk saja kita sudah disuguhi oleh suasana bank tempo dulu, dimana terdapat ruang teller lengkap dengan petugas-petugasnya. Kemudian disisi kiri terdapat komputer jadul, mesin pemotong serta ATM Bank Mandiri generasi awal. Serta berbagai mesin kerja pendukung di pojok ruangan yang ditata secara unik.


Susunan Mesin Ketik

Kemudian lanjut lagi masuk ke dalam kita akan menemukan koleksi-koleksi yang lain, ruang rapat, serta gambar-gambar pimpinan serta sejarah dari Bank itu sendiri. Berbagai koleksi perbankan diantaranya perlengkapan operasional bank, surat berharga, numismatik, buku besar, mesin hitung uang, brankas, dan lain-lain. Semua koleksi tersebut dapat kita nikmati di ruang tata pamer yang didesain menarik sehingga kita dapat merasakan nuansa perbankan tempo dulu. 
Museum Bank Mandiri
Hmmm, waktu kami berkunjung, museum ini digunakan sebagai tempat lokasi syuting film Comic 8. Itu lo, di scene-scene awal film yang merampok bank, nah rupanya disini lokasinya. Bonus deh, kunjungan museum + liat artis. Hahaha :D
Proses Syuting Film Comic 8
Biaya masuk museum ini adalah gratis bagi anda yang pelajar, mahasiswa, dan nasabah bank Mandiri. Namun jika anda tidak ketiganya, maka akan dikenakan biaya Rp 2000 perorang, atau 1000 perorang jika anda berada dalam rombongan lebih dari 20 orang.

Museum ini buka setiap hari selasa hingga minggu, dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, sedangkan hari senin dan hari libur nasional museum ini tidak dijadwalkan untuk menerima tamu. :D



Sumber :
http://www.wisatamuseum.com/id/mandiri-profile.php
http://www.museumindonesia.com/museum/54/1/Museum_Mandiri_Jakarta

11 comments:

  1. Wah saya pelajar jadi gratis dong hehehe lumayan :v
    Kalau kawasan kota Tua wajib kesini nih

    ReplyDelete
  2. Bisa buat refrensih liburan sambil mengisi ilmu pengetahuan ini

    ReplyDelete
  3. Bisa jadi alternatif liburan ini informasi nya. Nice share gan

    ReplyDelete
  4. Saya sama sekali belum pernah kesana, sekarang jadi bisa tahu gambaran Museum Bank Mandiri..

    ReplyDelete
  5. Luas juga ya area nya sampai 1.039 m² gitu.

    ReplyDelete
  6. Kota tua tempat nya orang kreatif mencari inspirasi, dulu gua sering nongkrong d kota tua hanya untuk duduk2 dang ngopi2 d area terbuka tapi yg bikin jengkel banyak nya pengamen yg cendrung memaksa dan itu bikin jengkel pengunjung.... :(

    ReplyDelete
  7. Mesin ATM-nya mirip sama mesin telepon yang ada di banyak sudut jalan. Sekarang sudah banyak yang nggak berfungsi. Dan tempat ini bisa jadi wisata edukasi sejarah, nih, apalagi dengan gratis biaya masuk untuk pelajar. Makasih, Kak, Fin jadi tahu kalau locshoot Comic 8 itu di sini.

    ReplyDelete
  8. Wah kebetulan ane pelajar, masuk gratis nih ye liat2 sejarah di musium Bank Mandiri

    ReplyDelete
  9. waduh..
    padahal saya kemarin ini ke Kota Tua bersama keluarga. Tapi,sangat disayangkan waktunya yang kurang pas alias pas jam tutup.
    Syeeedddihhh jadinya

    ReplyDelete
  10. Waw pngen banget ane kesana, buat pengetahuan sejarah. Selain itu pasti alat2 jaman dulu unik2

    ReplyDelete