Friday, October 28, 2011

Sedikit Tentang Natuna

Kabupaten Natuna, adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Selat Karimata merupakan perairan antara Bangka Belitung (Sumatera) dan Kalimantan bagian barat. Sementara Natuna berada di tengah-tengah Lautan China Selatan. Secara astronomis, Kabupaten Natuna terletak pada titik koordinat 1016’-7019’ LU (Lintang Utara) dan 105000’-110000’ BT (Bujur Timur). Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan negara Vietnam, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Bintan dan Kalimantan Barat, di bagian barat dengan Kabupaten Anambas dan Perairan Malaysia dan di bagian timur dengan Malaysia Timur (Serawak).

Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan. Juga berada dala jalur lintas penerbangan internasional. Jaman dahulu, Natuna merupakan tempat singgah para pelayar dari Kerajaan Sriwijaya (Sumatera Selatan sekarang) dan dari Kerajaan di China. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 14.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680 barel.

Letak Natuna, via google map
Kabupaten Natuna yang beribukota di Ranai ini memiliki luas wilayah 264.198,37 km2 dengan luas daratan hanya 2.001,30 km2. Luas lautan 262.197,07 km2 atau 99.2% dari luas keseluruhan wilayah kabupaten. Di kabupaten Natuna terdapat 154 pulau, dengan 27 pulau (17,53 persen) yang berpenghuni dan sementara 127 buah pulau lainnya tidak berpenghuni.

Pusat pemerintahan terletak di pulau Bunguran Besar, sebuah pulau terbesar yang ada dalam lingkup kabupaten Natuna. Pulau-pulau besar lainnya adalah pulau Serasan (Kecamatan Serasan dan Serasan Timur) dan pulau Subi (Kecamatan Subi). Disusul oleh pulau Midai, pulau Laut dan pulau Sedanau (Bunguran Barat). Secara umum, pulau yang ada dapat dikelompokkan dalam 2 gugusan, yakni gugusan Pulau Natuna, terdiri dari pulau-pulau di Bunguran, Sedanau, Midai, Pulau Laut, dan Pulau Tiga. Yang kedua gugusan Pulau Serasan, terdiri dari pulau-pulau di Serasan, Subi Besar dan Subi Kecil.
Letak daerah Natuna yang "sedikit keluar jalur" ini sering diangap bukan bagian dari Indonesia. Terlebih jika mereka mendengar bahasa asli Natuna itu sendiri. Daerah Natuna dihuni oleh suku melayu sebagai mayoritas. Namun bahasa melayu yang digunakan sangat berbeda dan asing terdengar. Bahkan oleh daerah-daerah melayu yang lain, seperti Tanjung Pinang hingga Riau. Kata pak Wan Suhardi dalam sharing ilmu melayu pada 2010 lalu, beliau mengatakan bahwa keunikan bahasa melayu Natuna ini menandakan dahulu Natuna memiliki peradaban yang besar.

Dan ini yang akan saya cari tahu kelak.

sumber :
http://id.wikipedia.org
https://natunakab.go.id

No comments:

Post a Comment